Comscore Tracker

PPKM Level 2, Bantul dan Gunungkidul Segera Buka Tempat Wisata

Wisata ke Bantul bisa pakai bukti vaksin untuk masuk objek

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Pusat menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turun ke level 2. Dengan begitu, ada banyak kelonggaran yang kini diperoleh, termasuk pembukaan objek wisata. 

Baca Juga: Klaster Tilik Bertambah, Srigading Bantul Tak Lagi Zona Hijau

1. Bupati Bantul akan segera buka seluruh objek wisata yang dikelola pemerintah

PPKM Level 2, Bantul dan Gunungkidul Segera Buka Tempat WisataBupati Bantul, Abdul Halim Muslih (baju batik). IDN Times/Daruwaskita

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyatakan dengan diturunkannya PPKM ke Level 2 maka sejumlah objek wisata yang ditutup akan kembali dibuka.

"Objek wisata milik pemerintah dan objek wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis akan segera kita buka," ujarnya, Selasa (19/10/2021).

Politisi PKB ini mengatakan objek wisata yang dimiliki atau dikelola pemerintah meliputi objek wisata Pantai, Gua Cerme dan Gua Selarong. Sedangkan objek wisata yang dikelola oleh Pokdarwis jumlahnya cukup banyak.

"Jadi untuk objek wisata yang belum memiliki QR Code PeduliLindungi wisatawan bisa masuk dengan menunjukkan kartu vaksin. Demikian objek wisata yang telah memiliki QR Code PeduliLindungi namun terganjal sinyal bisa dengan menunjukkan kartu vaksin," ujarnya.

2. Pengelola wisata diminta memperketat prokes kepada wisatawan

PPKM Level 2, Bantul dan Gunungkidul Segera Buka Tempat Wisatamemakaikan masker pada anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Dengan dibukanya seluruh objek wisata di Bumi Projotamansari, Halim mengingatkan pengelola objek wisata untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini agar penularan COVID-19 yang diprediksi melonjak pada bulan Desember 2021 tidak terjadi.

"Sarana dan prasarana untuk menunjang prokes harus disiapkan, wisatawan yang tidak pakai masker diingatkan atau diberikan masker gratis," terangnya.

3. Gunungkidul juga akan membuka objek wisata setelah ada instruksi dari gubernur dan bupati‎

PPKM Level 2, Bantul dan Gunungkidul Segera Buka Tempat Wisatainstagram.com/14torry

Senada dengan Bantul, Kabupaten Gunungkidul juga berencana membuka objek wisata setelah dipastikan PPKM diturunkan ke Level 2.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan hampir 90 persen objek wisata yang mengantongi QR code PeduliLindungi sudah terhubung dengan sinyal internet secara bagus, sehingga tak ada lagi kendala untuk pemindaian QR code.

"Kalaupun besok mulai dibuka kita sudah siap," katanya.

Untuk pembukaan objek wisata sendiri, kata Harry, masih menunggu instruksi dari Gubernur DIY dan Bupati Gunungkidul.

"Syarat prokes itu yang bisa memastikan kan kita. Jadi mana saja lokasi objek wisata yang akan dibuka kita tinggal nunggu instruksi. Ya kita tunggu saja," ungkapnya.‎

Baca Juga: Akhirnya, PPKM Sleman Turun ke Level 2

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya