Comscore Tracker

Piknik Tak Pakai Masker, Puluhan Wisatawan Terjaring Razia Prokes 

Hal ini terjadi saat wisatawan piknik di Gunungkidul

Gunungkidul, IDN Times - ‎Puluhan wisatawan yang datang ke objek wisata di Gunungkidul, terjaring razia protokol kesehatan. Sekretaris Sarsatlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan razia prokes pada hari Kamis (13/5/2021) menjaring 40 wisatawan yang tidak menggunakan masker dan 11 lainnya tidak menggunakan dengan benar.

1. Puluhan wisatawan tidak menggunakan masker

Piknik Tak Pakai Masker, Puluhan Wisatawan Terjaring Razia Prokes Ilustrasi wisatawan terjaring razia prokes. (IDN Times/Daruwaskita)

Pada Jumat (14/5/2021) terdapat sebanyak 70 wisatawan yang tidak menggunakan masker, 12 wisatawan tidak benar memakai masker dan lima lainnya hanya menyimpan masker dalam tas.

"Terhadap wisatawan yang sama sekali tidak menggunakan masker belum kita sanksi tegas namun sebatas pendataan serta diberikan masker untuk dipakai secara benar," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga: 5 Ribu Wisatawan Serbu Pantai Parangtritis 

2. Wisatawan lokal dominasi tempat wisata di Gunungkidul

Piknik Tak Pakai Masker, Puluhan Wisatawan Terjaring Razia Prokes instagram.com/kuz_kuz96

Menurutnya wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul didominasi dari Kota Yogyakarta dan sekitarnya. "Ya hanya wisatawan lokal karena wisatawan dari luar DIY sudah disaring melalui penyekatan masuk objek wisata," katanya.

3. Dua hari libur Lebaran, 16.120 wisatawan kunjungi objek wisata di Gunungkidul

Piknik Tak Pakai Masker, Puluhan Wisatawan Terjaring Razia Prokes instagram.com/marahuda

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan kunjungan wisatawan pada H Lebaran (Kamis 13/5/2021) hingga Jumat (14/5/2021) di berbagai objek wisata Gunungkidul mencapai lebih dari 18 ribu wisatawan.

"Pada H Lebaran jumlah wisatawan mencapai 2.137 orang dan pada H+1 Lebaran hingga mencapai 16.120 wisatawan," katanya.

Jumlah kunjungan wisatawan diprediksi akan terus bertambah mengingat masih ada dua hari libur.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya