Comscore Tracker

Naga Lintang Sepanjang 5,9 Meter Mati Terdampar di Pantai Congot

Ikan paus diduga lepas dari habitatnya

Kulon Progo, IDN Times - ‎Seekor ikan hiu paus mati terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo. Ikan yang akrab disebut paus Naga Lintang dengan panjang sekitar 5,9 meter akhirnya dikubur di Pantai Congot.

1. Ikan paus terdampar tak jauh dari muara Sungai Bogowonto‎

Naga Lintang Sepanjang 5,9 Meter Mati Terdampar di Pantai CongotIkan paus terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo. IDN Times/Daruwaskita

Anggota SAR Satlinmas Wilayah V, Kabupaten Kulon Progo, Suryono mengaku memperoleh laporan dari warga pada Sabtu (19/9/2020) pukul 06.00 WIB, terdapat ikan paus yang terdampar di pantai. Mendapatkan laporan, anggota Tim SAR mengecek ke Pantai Congot dan menemukan hiu paus yang terdampar tak jauh dari sekitar muara Sungai Bogowonto.

"Kondisi ikan saat terdampar sudah mati tetapi belum mengeluarkan bau busuk," katanya, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Seekor Hiu Paus Ditemukan Mati Terdampar di Muara Sungai Bogowonto

2. Sempat diikat dengan tali ditambatkan ke pemecah gelombang agar tidak terbawa ombak

Naga Lintang Sepanjang 5,9 Meter Mati Terdampar di Pantai CongotIkan paus terdampar di Pantai Congot, Kulon Progo. IDN Times/Daruwaskita

Ikan paus selanjutkan diikat dengan tali dan diikatkan pada bangunan pemecah ombak agar tidak terbawa gelombang laut. Menjelang siang, ikan paus ditarik menjauh dari bibir pantai oleh BKSDA dan TNI/Polri dan warga.

"Ikan seberat hampir satu ton ini ditarik dengan menggunakan kawat seling yang diikatkan pada mobil selanjutnya dikubur," ucapnya.

3. Ikan paus yang mati usianya masih muda‎

Naga Lintang Sepanjang 5,9 Meter Mati Terdampar di Pantai CongotFacebook.com/Scottish Marine Animal Strandings Scheme

Kabid Kelautan Pesisir dan Pengawasan, Dinas Kelautan dan Perikanan DI Yogyakarta, Juarti mengatakan usia ikan paus yang mati masih relatif muda karena ikan dewasa panjangnya bisa mencapai 20 meter.

"Ikan ini mati diduga terbawa arus ke tepi pantai karena faktor alam. Dalam beberapa hari terakhir kondisi gelombang cukup besar. Ikan terpisah dari habitatnya dan tidak bisa kembali," katanya.‎

Baca Juga: Sejak Januari, Pengadilan Agama Sleman Terima 1.346 Permohonan Cerai

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya