Libur Lebaran, Dispar Gunungkidul Targetkan 153 Ribu Wisatawan

Siapkan petugas untuk pengawasan protokol kesehatan

Bantul, IDN Times - ‎Libur lebaran 2022, Dinas Pariwisata (DIspar) Kabupaten Gunungkidul menargetkan kunjungan wisatawan mencapai mencapai 154.403 orang. Harapannya, target tersebut mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai Rp1,2 miliar.

Baca Juga: 30 Ribu Perantau Diperkirakan Bakal Pulang Kampung ke Gunungkidul

1. Wisatawan diperkirakan ramai mulai H+2 hingga 8 Mei 2022‎

Libur Lebaran, Dispar Gunungkidul Targetkan 153 Ribu WisatawanPantai Indrayanti, Pantai di Gunung Kidul (nativeindonesia.com)

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi lintas sektoral untuk menyambut libur Lebaran. Sesuai dengan ketetapan Pemerintah Pusat, libur berlaku mulai tanggal 29 April 2022 hingga 8 Mei 2022.

"Wisatawan akan mulai ramai H+2 Lebaran hingga 8 Mei 2022," katanya Rabu (27/4/2022).

2. Objek wisata pantai tetap jadi primadona untuk dikunjungi‎

Libur Lebaran, Dispar Gunungkidul Targetkan 153 Ribu WisatawanIlustrasi wisatawan yang berkunjung di salah satu pantai di Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Target kunjungan sebanyak 154.403 wisatawan, kata Aldian, sebagian akan berkunjung ke objek wisata pantai yang selama ini menjadi primadona wisatawan di Bumi Handayani.

"Dengan kunjungan 154.403 diharapkan mampu menambah PAD Rp1,2 miliar. Mudah-mudahan semua lancar dan target tercapai," tuturnya.

3. Siapkan petugas untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan‎

Libur Lebaran, Dispar Gunungkidul Targetkan 153 Ribu WisatawanInfografik Cara Menggunakan Masker yang Baik (IDN Times/Sukma Shakti)

Meski sejumlah aturan telah dilonggarkan menyusul status PPKM Level 2, Aldian memastikan bahwa protokol kesehatan harus ketat dilaksanakan. Hal ini untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di objek wisata.

"Sesuai aturan PPKM Level 2 maka kapasitas kunjungan maksimal hanya 75 persen dari jumlah kunjungan normal," ucapnya.

Untuk pengawasan protokol kesehatan di objek wisata, Dinpar telah menjalin kerja sama dengan TNI-Polri hingga SAR di kawasan objek wisata pantai.

"Sejak dari tempat pemungutan retribusi (TPR) kita sudah menyiapkan barcode PeduliLindungi untuk pengunjung," terangnya.‎

Baca Juga: 496 Personel Siap Amankan Arus Mudik Balik Lebaran di Gunungkidul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya