Jelang Libur Nataru, Jumlah Wisatawan ke Bantul Meningkat

Jembatan Kretek II dibuka selama libur Nataru

Bantul, IDN Times - ‎Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul terus mengalami peningkatan. Dinas Pariwisata optimistis saat libur Nataru mendatang jumlah wisatawan akan membludak, terutama pengunjung ke pantai.

1. Kunjungan wisatawan meningkat 19,6 persen‎

Jelang Libur Nataru, Jumlah Wisatawan ke Bantul MeningkatKepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (dok. istimewa)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan selama sepekan (5--11/12/2022), mencapai 35.318 orang dan menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp343 juta. Sedangkan kunjungan wisatawan dua pekan sebelumnya (28/11/2022--4/12/2022) mencapai 29.523 orang dengan PAD mencapai Rp 286 juta.

"Jumlah kunjungan wisatawan dua pekan yang lalu dibandingan satu pekan kemarin, terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mencapai 19,6 persen," ucapnya, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Jembatan Belik Menuju Sentra Sate Klatak Bantul Diresmikan 

2. Pantai Parangtritis penyumbang kunjungan wisatawan paling banyak

Jelang Libur Nataru, Jumlah Wisatawan ke Bantul MeningkatIlustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Seperti kunjungan wisatawan sebelumnya, destinasi wisata Pantai Parangtritis masih menjadi penyumbang kunjungan wisatawan terbanyak, disusul objek wisata pantai lainnya di Bantul.

"Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis tidak saja mengunjungi pantai namun juga ada rombongan wisatawan yang melakuan ziarah ke Syekh Bela-Belu dan Syekh Mahribi yang masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengaku tren ini juga tidak lepas dari adanya sejumlah sekolah yang melakukan studi tur menjelang libur panjang akhir tahun.

"Kan sudah ada sekolah jelang libur akhir tahun dimanfaatkan untuk study tour setelah menyelesaikan ujian semester," ungkapnya.

3. Selama libur Nataru Jembatan Kretek II dibuka

Jelang Libur Nataru, Jumlah Wisatawan ke Bantul MeningkatJembatan Kretek 2 jadi latar belakang Laguna View. (Dok. Diskominfo Bantul)

Ipung juga memastikan Jembatan Kretek II dibuka selama libur Nataru untuk memperlancar arus lalu-lintas, baik yang menuju atau keluar dari kawasan Pantai Parangtritis. Konsekuensinya, wisatawan yang akan berkunjung ke pantai di Bantul bisa menikmati seluruh objek wisata pantai selatan Bantul dengan cukup sekali membayar retribusi masuk.

"Saya kira ini akan menguntungkan bagi wisatawan yang akan menikmati seluruh destinasi pantai di Bantul. Tiket masuk objek wisata juga belum ada kenaikan yakni masih Rp 10 ribu per wisatawan," pungkasnya.‎

Baca Juga: 9 Sentra Kerajinan di Bantul, Tempatnya Berburu Suvenir 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya