Comscore Tracker

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran Bantul

Tak ada lagi pembatasan jumlah umat yang mengikuti misa

Bantul, IDN Times - ‎Umat Katolik akan melakukan Tri Hari Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu malam Paskah atau Minggu Paskah. Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus memastikan tidak ada pembatasan jumlah umat yang mengikuti misa.

1. Misa dilakukan seperti sebelum pandemik

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran BantulKetua Dewan Paroki Gereja Ganjuran, Ari S.(IDN Times/Daru)

‎Ketua Dewan Paroki, Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, Aris Setiawan mengatakan perayaan Tri Hari Suci umat Katolik di Gereja HKTY Ganjuran akan berlangsung seperti sebelum terjadi pandemik. Namun tetap ada catatan bagi umat yang kurang sehat seperti flu, tetap menggunakan masker.

"Kita tetap ikuti aturan pemerintah terkait perayaan Tri Hari Suci umat katolik," katanya, Minggu (2/4/2023).

Tidak seperti misa saat masa pandemik dimana umat harus membawa tanda pengenal dan melakukan scan barcode, kali ini hal tersebut tidak diberlakukan.

2. Antisipasi jumlah umat, 6 kapel gelar misa

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran BantulUmat katolik mengikuti misa Jumat Agung di Gereja HKTY Ganjuran.(IDN Times/Daruwaskita)

Meski tidak ada pembatasan umat saat mengikuti misa Tri Hari Suci, pihaknya sudah mengantisipasi jika terjadi kenaikan jumlah jemaat.

"Ada enam kapel di wilayah Gereja HKTY Ganjuran yang menggelar misa Tri Hari Suci,  sehingga umat tidak hanya mengikuti misa di Gereja Ganjuran. Umat bisa mengikuti misa di enam kapel yang berada di bawah Gereja HKTY Ganjuran," ujarnya.

 

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Gereja Ganjuran dengan Arsitektur Khas Budaya Jawa

3. Tim keamanan gabungan dilibatkan dalam pengamanan misa Tri Hari Suci‎

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran BantulDetasemen Gegana Polda DIY sterilisasi gereja sebelum ibadah.(IDN Times/Daruwaskita)

Keamanan selama perayaan misa akan melibatkan tim gabungan dari pengamanan internal gereja, TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga ormas yang sudah terbiasa dengan pengamanan misa di Gereja HKTY Ganjuran.

"Untuk sterilisasi dari Tim Gegana Polda DIY hingga saat ini belum ada pemberitahuan namun seperti biasanya sterilisasi akan dilakukan jelang misa Kamis Putih," terangnya.

4. Jadwal misa Tri Hari Suci di Gereja HKTY Ganjuran‎

Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran BantulGereja HKTY Ganjuran Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Ari menuturkan untuk jadwal perayaan Tri Hari Suci di Gereja HKTY Ganjuran yakni misa Kamis Putih akan digelar pada pukul 17.00 WIB dan pukul 21.00 WIB. Misa Jumat pada pukul 15.00 WIB dan pukul 18.00 WIB dan Sabtu malam Paskah akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB dan pukul 21.00 WIB.

"Sedangkan misa Paskah pagi (Minggu) akan dilaksanakan pukul 07.30 WIB dan pukul 10.00 WIB. Khusus misa Paskah pada pukul 10.00 WIB merupakan misa Paskah untuk anak-anak," pungkasnya.

Baca Juga: Uniknya Candi HKTY Ganjuran, Bikin Peziarah Enggan Pulang

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya