Belasan Wisatawan Pantai di Gunungkidul Tersengat Ubur-Ubur

Ubur-ubur muncul sejak hari Sabtu (10/7/2022) 

Gunungkidul, IDN Times -  Ubur-ubur menyengat belasan wisatawan yang berwisata di Pantai Gunungkidul. Ubur - ubur atau warga sekitar menyebutnya rawe, menyebabkan sakit panas pada bagian yang tersengat hingga merasakan sesak napas.

1. Ubur-ubur mulai muncul pada hari Sabtu (10/7/2022) kemarin‎

Belasan Wisatawan Pantai di Gunungkidul Tersengat Ubur-UburBentuk dan warna ubur-ubur beracun yang menarik anak-anak untuk memegangnya. (IDN Times/Istimewa)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono saat dihubungi wartawan mengatakan ubur-ubur diketahui mulai muncu di pantai pada Sabtu (9/7/2022) kemarin.

"Ubur-ubur biasanya muncul di tepian pantai setiap pertengahan bulan Juli hingga pertengahan bulan September," katanya, Minggu (10/7/2022).

Munculnya ubur-ubur yang warnanya cukup menarik dan membuat penasaran wisatawan telah menyebabkan sedikitnya 14 orang tersengat binatang laut bertentakel tersebut.

"Wisatawan yang tersengat ubur-ubur saat berkunjung ke Pantai Kukup, Sepanjang, Krakal dan Pantai Pulangsawal," ungkapnya.

2. Obat-obatan hingga tabung oksigen sudah disiapkan ‎

Belasan Wisatawan Pantai di Gunungkidul Tersengat Ubur-UburUnsplash/Morning Brew

Pihaknya sudah memberikan informasi kepada wisatawan akan munculnya ubur-ubur beracun tersebut melalui media sosial. Selain itu juga ada imbauan agar pengunjung lebih waspada serta tidak memegang atau bermain-main dengan ubur-ubur.

"Menyentuh ubur-ubur pun bisa tersengat," ungkapnya.

Sejumlah obat-obatan juga telah disiapkan untuk mengantisipasi wisatawan yang tersengat ubur-ubur beracun. Biasanya wisatawan yang tersengat akan merasakan gatal dan panas pada bagian kulit yang tersengat. Namun terkadang jika tidak kuat terkadang menyebabkan sesak napas.

"Obat dan oksigen sudah kita siapkan," tuturnya.

Baca Juga: Jutaan Ubur-Ubur Beracun Muncul di  Pantai Selatan DIY

3. Petugas SAR membersihkan dan mengubur ubur-ubur yang terdampar di pantai‎

Belasan Wisatawan Pantai di Gunungkidul Tersengat Ubur-UburIlustrasi wisatawan tersengat ubur-ubur beracun. (IDN Times/Istimewa)

Sementara Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan petugas SAR setiap hari melakukan patroli pantai dan membersihkan ubur-ubur yang terdampar di pantai agar korban tersengat ubur-ubur tidak banyak.

"Ubur-ubur yang terdampar pantai, kita kubur agar tidak terinjak wisatawan ataupun justru untuk main-main oleh wisatawan," ucapnya.‎

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Watulawang, Mutiara Tersembunyi Gunungkidul!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya