Bantul Raih Kategori Utama Penganugerahan Kabupaten Layak Anak 2023 

Tahun 2022 Bantul memperoleh Kategori Nindya

Bantul, IDN Times - Kabupaten Bantul meraih Kategori Utama pada Penganugerahan Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 yang digelar pada Sabtu (22/07/2023) di Hotel Padma Semarang. Bantul naik satu peringkat, setelah 2022 memperoleh Kategori Nindya. 

1. Raihan Kategori Utama kerja keras semua pihak

Bantul Raih Kategori Utama Penganugerahan Kabupaten Layak Anak 2023 Kantor Bupati Bantul. (IDN Times/Paulus Risang)

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dan bersinergi, sehingga dapat memperoleh hasil yang membanggakan. 

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung tercapainya Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak. Kategori Utama yang kita raih ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi yang kuat dari seluruh OPD, kapanewon, kalurahan, serta sekolah-sekolah, termasuk pengusaha, penggiat, pemerhati, dan organisasi-organisasi yang concern terhadap hak anak. Mari kita lanjutkan perjuangan ini agar Kabupaten Layak Anak bisa kita tingkatkan,” katanya.

2. Tidak mudah mewujudkan kabupaten/kota layak anak

Bantul Raih Kategori Utama Penganugerahan Kabupaten Layak Anak 2023 Menteri PPPA Bintang Puspayoga

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga menuturkan pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dari para pimpinan daerah untuk melaksanakan mandat konstitusi dalam melindungi anak Indonesia.

“Keberhasilan ini adalah langkah awal untuk menghasilkan inovasi berkelanjutan, yang dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Sungguh tidak mudah mewujudkan kabupaten/kota layak anak karena dibutuhkan komitmen kuat dari pimpinan daerah serta pengintegrasian semua program untuk anak, oleh seluruh perangkat daerah serta unsur masyarakat,” tutur Bintang.

Baca Juga: Piyungan Tutup 45 Hari, Pemkab Bantul Minta Warga Buat Lubang Sampah

3. Belum ada peraih kategori Kabupaten/Kota Layak Anak.

Bantul Raih Kategori Utama Penganugerahan Kabupaten Layak Anak 2023 Menteri PPPA Bintang Puspayoga (tengah) saat memberi keterangan pers usai puncak peringatan HAN di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (19/8/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Bintang menambahkan tahun lalu peraih kategori utama hanya delapan kabupaten/kota, dan tahun ini bertambah menjadi 19 kabupaten/kota, namun belum ada peraih kategori Kabupaten/Kota Layak Anak. "Penghargaan yang diterima ini diharapkan menjadi pemacu untuk terus berinovasi, guna memastikan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus," tuturnya.

 

Baca Juga: 6 Kuliner Hidden Gem di Bantul, Cita Rasa Autentik

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya