TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Potret Rumah Kebugaran Difabel Beri Ruang Bagi Difabel untuk Berkumpul

Rumah Kebugaran Difabel bantu difabel tetap bugar

Dua anak difabel tengah menjalani terapi di Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Bantul, IDN Times - Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, menjadi tempat bagi difabel, keluarga difabel hingga warga sekitar untuk memeriksakan kesehatan termasuk menjalani terapi.

Ketua Forum Penyandang Disabilitas Sedayu Pinilih, Tri Suhartini menceritakan berdirinya RKD didahului adanya Forum Penyandang Disabilitas Sedayu Pinilih di tahun 2017. Forum ini digagas oleh difabel dan keluarganya. Pada tahun 2019 untuk mendukung kesehatan difabel, dibangunlah RKD.

Melihat adanya ratusan difabel di Kecamatan Sedayu, membuat Tri dan sejumlah orang lainnya, merasa perlu mendirikan semacam ruang bagi difabel untuk berkumpul dan beraktivitas positif. "Tujuannya adalah menyuarakan hak-hak difabel yang selama ini memang belum terpenuhi, baik pada bidang kesehatan, pendidikan, sosial, bantuan, itu belum dirasakan betul oleh difabel," beber Tri. 

Inilah potret Rumah Kebugaran Difabel yang memberikan ruang bagi difabel untuk mendapatkan layanan kesehatan dan berkumpul 

 

RKD membantu para difabel mendapat layanan kesehatan dekat dengan rumah dan terjangkau

Penyandang difabel menunggu antrean untuk pengecekan kesehatan di Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Mendukung kesehatan bagi difabel agar tetap bugar

Seorang anak difabel tengah menjalani terapi di Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Tidak hanya terapi bagi difabel, RKD juga memberikan layanan kesehatan bagi warga sekitar

Anak difabel mengantre untuk pengecekan kesehatan di Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Baca Juga: Tongkat Penuntun Adaptif Bantu Difabel Netra Makin Mandiri

RKD memberikan ruang bagi difabel untuk berkumpul dan beraktivitas positif

Penyandang difabel tengah menjalani terapi Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dalam perjalanannya, RKD kerap kekurangan jumlah petugas kesehatan

Salah seorang anak penyandang difabel melakukan pengecekan kesehatan di Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Selain itu perlu ditingkatkan kesadaran keluarga untuk mengantar keluarga difabel

Penyandang difabel melakukan pengecekan kesehatan di Rumah Kebugaran Difabel (RKD) di Jalan Bandut Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Baca Juga: Pemkab Sleman Dorong Partisipasi Difabel  dalam Pemilu 2024

Berita Terkini Lainnya