Tol Solo-Jogja di Ring Road Dikerjakan, Rekayasa Lalin Diberlakukan

Pembongkaran separator dan trotoar hingga 17 November

Sleman, IDN Times - Rekayasa lalu lintas diberlakukan selama masa pengerjaan pembangunan Tol Solo-Jogja-YIA Kulon Progo, di area Simpang Kronggahan, Ringroad Utara, Sleman mulai Kamis (19/10/2023).

"Rekayasa lalu lintas pasti kita lakukan, tapi menyesuaikan dengan volume pekerjaan yang masih kita lakukan. Sekarang volumenya baru pembongkaran area pinggir Ringroad," kata Humas PT Adhi Karya Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto, Selasa (24/10/2023).

1. Pembongkaran separator dan trotoar hingga 17 November

Tol Solo-Jogja di Ring Road Dikerjakan, Rekayasa Lalin DiberlakukanIlustrasi pembangunan jalan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Agung menjelaskan, pengerjaan dan rekayasa lalu lintas proyek pembangunan Jalan Tol Solo - Jogja - YIA Kulon Progo di Simpang Empat Kronggahan terbagi dalam beberapa tahap. Pertama, yakni pengerjaan pembongkaran separator dan trotoar dilakukan tanggal 19 Oktober -17 November 2023. Kendaraan jalur lambat akan dialihkan ke jalur cepat sepanjang proses ini. "Jalur lambatnya tidak bisa dilalui," kata Agung.

Tahap berikutnya adalah pelebaran jalur lambat mulai 29 Oktober hingga 28 November 2023. Pengalihan jalur lambat ke jalur cepat masih berlaku sepanjang tahap ini.

 

2. Penyempitan jalur cepat

Tol Solo-Jogja di Ring Road Dikerjakan, Rekayasa Lalin Diberlakukanpexels.com/Ellie Burgin

Selanjutnya adalah tahap pembongkaran median yang digarap selama 29 November-6 Desember 2023. Agung menyebut pada tahap ini rencananya akan dilakukan rekayasa lalu lintas berupa penyempitan jalur cepat.

 

Baca Juga: Dinding Selokan Mataram Dekat Proyek Tol yang Jebol Diperbaiki

3. Rambu dan lampu buat pengendara

Tol Solo-Jogja di Ring Road Dikerjakan, Rekayasa Lalin Diberlakukanpixabay.com/Taken

Agung menambahkan pihaknya telah memasang rambu dan penerangan di sekitar proyek demi keselamatan pengendara selama proses pembangunan berlangsung.

"Jadi rambu-rambu akan masif kita pasang. Kalau malam kita kasih lampu selang yang nyala sebagai tanda yang digali di pinggir Ringroad," ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Bantul Razia 300 Motor Knalpot Blombongan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya