TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

RSUD Bantul Alihkan Bed COVID-19 ke Pasien Umum

Pasien baru COVID-19 akan ditangani oleh RSLKC

RSUD Panembahan Senopati. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di RSUD Panembahan Senopati (RSPS) Bantul mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pihak rumah sakit pun mulai mengalihkan tempat tidur COVID-19 untuk pasien non COVID-19.

Baca Juga: Uji Coba PTM di Bantul Batal Digelar, Ini Penyebabnya

1. 37 bed COVID-19 dialihkan

Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, I Wayan Marthana Widiana Kedel. (IDN Times/Daruwaskita)

Direktur RSPS Bantul, I Wayan Marthana Widiana Kedel, mengatakan sebanyak 37 tempat tidur yang selama ini digunakan untuk merawat pasien COVID-19 mulai dialihkan untuk perawatan pasien non COVID-19. Pengalihan ini terhitung sejak Jumat (17/9/2021) yang lalu.

Menurutnya pengalihan fungsi tempat tidur pasien COVID-19 ke pasien non COVID-19 sudah dilakukan uji coba pada hari Jumat dan Sabtu pekan kemarin. 

"Di Bangsal Melati ada 16 tempat tidur, ICU 7 tempat tidur, bangsal Mawar 2 ada 14 tempat tidur yang sudah kita alihkan untuk perawatan pasien non COVID-19," ungkapnya, Selasa (21/9/2021).

2. Masih ada 44 tempat tidur untuk pasien COVID-19‎

Ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Meski mengalihkan tempat tidur COVID-19 ke pasien umum, RSPS tetap menyediakan setidaknya 44 bed untuk pasien COVID-19. Sebab, RSPS masih berstatus sebagai rumah sakit rujukan COVID-19.

"Kita tetap antisipasi jika nantinya terjadi penambahan kasus COVID-19 yang sangat banyak seperti pada bulan Juli kemarin," katanya.‎

Baca Juga: BPBD Bantul Gandeng Tim Geologi Tinjau Keamanan Kawasan Little Tokyo 

Berita Terkini Lainnya