KAI Commuter Line Yogyakarta Tambah Perjalanan Selama Libur Sekolah

Penambahan perjalanan selama libur sekolah

Yogyakarta, IDN Times - KAI Commuter kembali mengoperasikan sebanyak 30 perjalanan Commuter Line Yogyakarta hingga Palur mulai Minggu (9/7/2023). Penambahan perjalanan ini masih dalam rangkaian libur sekolah.

Ada penambahan 6 perjalanan Commuter Line Yogyakarta mulai Minggu (9/7/2023) - Minggu (16/7/2023). Sementara Commuter Line Prameks tetap dioperasika sebanyak 8 perjalanan setiap harinya.

1. Sambut tingginya animo masyarakat Jogja

KAI Commuter Line Yogyakarta Tambah Perjalanan Selama Libur SekolahRute Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo akan diperpanjang sampai Stasiun Palur. (dok. Kemenhub)

Penambahan perjalanan ini tidak lepas dari animo masyarakat untuk menggunakan transportasi publik selama liburan sekolah. “Menggunakan transportasi publik khususnya commuter line sangat efektif. Selain mengurangi kepadatan di kendaraan jalan, mampu juga mereduce tingkat polusi saat ini," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dari keterangan tertulisnya Senin (10/7/2023). 

Dari data selama musim liburan, cuti bersama dan libur Idul Adha, total pengguna Commuter Line Yogyakarta dari tanggal 19 Juni - 8 Juli 2003, mencapai 439.642 orang atau rata-rata per hari 19.984 orang. Sedangkan Commuter Line Prameks sebanyak 61.144 orang dengan rata-rata 2.779 penumpang per hari.

2. Kenaikan jumlah penumpang selama liburan

KAI Commuter Line Yogyakarta Tambah Perjalanan Selama Libur SekolahKRL Jogja. (Dok Istimewa)

Sesuai data yang tercatat pada masa libur sekolah, terdapat kenaikan rata-rata volume pengguna Commuter Line Yogyakarta jika dibanding dengan sebelum masa libur sekolah. Dimana terdapat kenaikan volume pengguna 15 persen - 20 persen pada hari libur atau akhir minggu.

“Dengan adanya kenaikan pengguna selama masa liburan ini, kami berharap pengguna tetap memperhatikan aturan yang berlaku selama ber-commuter," tambah Anne.

Baca Juga: 6 Film Berlatar Kereta Api, Kamu harus Nonton! 

3. 30 perjalanan diharap bisa mengakomodir

KAI Commuter Line Yogyakarta Tambah Perjalanan Selama Libur SekolahVP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 15 Jadwal perjalanan Commuter Line dari Palur - Yogyakarta mulai pukul 04.55 - 20.53 WIB dan 15 perjalanan Commuter Line dari Yogyakarta - Palur mulai pukul 05.30 – 22.35 WIB, pada Minggu (9/7/2023) - Minggu (16/7/2023). “Semoga dengan adanya penambahan 6 perjalanan Commuter Line Yogyakarta - Palur, menjadi 30 ini dapat mengakomodir masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk bermobilisasi selama masa liburan," ucap Anne.

Anne juga mengimbau para pengguna tetap mengikuti arahan dari petugas serta senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan menjaga kebersihan saat naik Commuter Line. "Gunakan masker jika dalam kondisi sakit, serta dahulukan pengguna yang hendak turun dari Commuter Line," ungkapnya.

Dikatakannya bagi pengguna yang membawa putra-putrinya minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. 

Baca Juga: 5 Stasiun Nonaktif di Jogja, Pencinta Kereta harus Tahu!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya