Mampir ke ARTJOG, Ganjar Pranowo Kepincut Lukisan Goenawan Mohamad

Berjam-jam waktu dihabiskan oleh Ganjar Pranowo

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku terkesan saat mengunjungi festival, pameran, dan pasar seni rupa kontemporer ARTJOG yang digelar di Jogja National Museum, Minggu (9/7/2023).

Berjam-jam waktu dihabiskan oleh bakal calon presiden tersebut untuk menikmati karya seni dari para seniman tanah air yang dipamerkan.

"Luar biasa, karya-karyanya bagus banget," kata Ganjar saat melihat seni instalasi karya I Made Djirna, seniman asal Bali yang memamerkan koleksi seni instalasi dari batu-batuan.

1. Lukisan Goenawan Mohamad pikat Ganjar

Mampir ke ARTJOG, Ganjar Pranowo Kepincut Lukisan Goenawan MohamadMampir ke ARTJOG, Ganjar Kepincut Lukisan Goenawan Mohammad

Didampingi istrinya, Siti Atikoh, Ganjar beberapa kali mengeluarkan ponselnya untuk mengabadikan berbagai karya seni yang dipamerkan. Salah satunya karya Goenawan Mohamad berjudul Kitab Hantu sukses memikat hatinya. Ia dibuat berdecak kagum dengan lukisan berbagai jenis hantu itu.

Ada pula karya-karya Mella Jaarsma, Novi Kristinawati, Ugo Untoro, Dicky Takndare, Kustiyah, Faelerie dan puluhan seniman top tanah air.

"Karya-karya yang ditampilkan sangat luar biasa, ada banyak cerita-cerita yang disajikan," kata Ganjar.

2. Perlu lebih banyak wadah buat seniman

Mampir ke ARTJOG, Ganjar Pranowo Kepincut Lukisan Goenawan MohamadMampir ke ARTJOG, Ganjar Kepincut Lukisan Goenawan Mohammad (Dokumentasi Humas Pemprov Jateng)

Berkaca dari pengalamannya mengunjungi ARTJOG, Ganjar menyadari banyak karya seni di Indonesia dengan beragam aliran dan jenisnya. Baginya, satu museum tak akan cukup untuk menampung seluruh karya para seniman Tanah Air.

"Artinya fasilitas infrastruktur seni nampaknya memang dibutuhkan untuk kawan-kawan seniman itu bisa menampilkan karya-karya yang luar biasa. Seperti event ARTJOG ini," ucapnya.

Baca Juga: Sri Sultan Puji Variasi Tema ARTJOG dan Kemandirian Berkarya Seniman 

3. Dikunjungi 2 ribu orang per hari

Mampir ke ARTJOG, Ganjar Pranowo Kepincut Lukisan Goenawan MohamadMampir ke ARTJOG, Ganjar Kepincut Lukisan Goenawan Mohammad (Dokumentasi Humas Pemprov Jateng)

Ganjar menyebut ARTJOG menjadi event yang selalu ditunggu baik oleh para seniman, maupun pencinta seni. Semua menantikan festival seni kontemporer yang luar biasa ini. Terbukti, dalam sehari tercatat sekitar dua ribu pengunjung datang untuk menikmati karya seni 73 seniman yang terlibat, meliputi dari 51 seniman dewasa serta 22 seniman anak.

"Itu jumlah yang tidak kecil. Artinya mungkin mereka penikmat, seniman, hanya sekadar menonton tersedot oleh pameran yang ada di ARTJOG ini. Kalau banyak tempat atau pameran semacam ini, rasanya seniman kita akan tampil dan bisa menunjukkan karya-karya hebatnya," pungkas Ganjar.

Baca Juga: ARTJOG 2023 Resmi Dibuka, Saatnya Berkumpul dan Menikmati Seni

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya