Hari Pelanggan Nasional, Pegawai KAI Jadi Porter Bantu Penumpang

Bagikan suvenir untuk konsumen

Yogyakarta, IDN Times - Peringati Hari Pelanggan Nasional 2023, Senin (4/9/2023),  jajaran manajemen PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, terjun langsung layani penumpang. Ada yang menjadi petugas frontliner hingga menjadi porter.

"Momen kali ini seluruh jajaran manajemen Daop 6 Yogyakarta turun langsung ke Stasiun Yogyakarta untuk menyapa dan melayani pelanggan dengan bertugas sebagai frontliner. Ada yang bertugas sebagai petugas loket, petugas boarding, petugas face recognition boarding gate, prama, bahkan sampai petugas porter," kata EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

1. Bisa mengetahui apa yang dikeluhkan pelanggan

Hari Pelanggan Nasional, Pegawai KAI Jadi Porter Bantu PenumpangJajaran manajemen PT KAI Daop 6 layani langsung penumpang saat hari pelanggan nasional di Stasiun Yogyakarta, Senin (4/9/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Bambang menyebut dengan terjun langsung melayani pelanggan ini, pihak manajemen mengetahui apa yang menjadi keluhan atau masukan para pelanggan kereta api. Upaya menampung masukan dari para panggan ini juga kerap dilakukan. Antara lain dengan mendirikan posko Pisami atau Piket Sabtu Minggu.

"Disela kegiatan di kantor, hari Sabtu dan Minggu manajemen turun melayani pelanggan. Ini sudah lama dan kita giatkan berjalan terus," kata Bambang.

2. Perkenalkan layanan Face Recognition

Hari Pelanggan Nasional, Pegawai KAI Jadi Porter Bantu PenumpangJajaran manajemen PT KAI Daop 6 layani langsung penumpang saat hari pelanggan nasional di Stasiun Yogyakarta, Senin (4/9/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Bambang menerangkan kegiatan ini juga menjadi momen untuk menyosialisasikan berbagai layanan atau kebijakan baru. Seperti halnya penerapan Face Recognition untuk memudahkan boarding penumpang kereta.

"Dengan Face Recognition penumpang lebih enak. Mereka beli online dari rumah, datang ke stasiun tidak perlu lagi boarding manual cetak tiket bawa KTP.  Dan cukup menunjukkan wajahnya di depan mesin Face Recognition, gate terbuka kalau sudah terconnect," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal KRL Jogja-Solo Terbaru, Tarif Rp8 Ribu Sekali Jalan

3. Pembagian suvenir untuk konsumen

Hari Pelanggan Nasional, Pegawai KAI Jadi Porter Bantu PenumpangStasiun Tugu Yogyakarta. (IDN Times/Holy Kartika)

Hari ini dibagikan ratusan souvenir di beberapa stasiun dan KA di antaranya Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solobalapan, KA Taksaka, dan KA Batara Kresna. "Ada flashmob dan live music juga untuk menghibur para pelanggan di Stasiun Yogyakarta," kata Bambang.

Baca Juga: Sejarah Stasiun Lempuyangan, Stasiun Kereta Tertua di Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya