Comscore Tracker

Bukan Hadiah, 5 Sikap Sederhana Ini Bikin Ayahmu Bahagia

Sayangi ayahmu selagi masih ada kesempatan

Ayah menjadi bagian penting dalam hidup seorang anak, baik anak laki-laki maupun perempuan. Ayah adalah sosok yang tak mungkin tergantikan oleh laki-laki lainnya dalam diri seorang anak bagaimanapun kondisi ayah kita saat ini.

Banyak orang yang beruntung memiliki ayah yang masih bisa senantiasa mendukung setiap apa yang kita lakukan, namun tak sedikit juga yang kurang beruntung dan tak lagi memiliki sosok ayah dalam kehidupannya.

Di Hari Ayah ini, ternyata tak harus memberikan kado berupa barang untuknya. Sikap seorang anak kepada ayahnya bisa lebih berharga dari sebuah kado. Hal ini mampu merekatkan hubungan tanpa menunggu Hari Ayah kembali dirayakan.

Berikut adalah 5 sikap yang bisa kamu lakukan kepada ayah agar dia bahagia sebagai bentuk ungkapan rasa sayangmu kepadanya.

1. Beri tahu ayah setiap capaian yang sudah kamu gapai

Bukan Hadiah, 5 Sikap Sederhana Ini Bikin Ayahmu BahagiaPexels/hazardos

Ayah selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya dengan apa pun yang dia miliki. Ayah selalu ingin mengetahui apa yang sudah diraih anaknya di luar sana. Dia ingin membuktikan bahwa didikan yang sudah diberikannya selama ini akan membuahkan hasil untuk anaknya.

Bagi kamu yang berhasil meraih prestasi apa pun, seperti berprestasi saat kuliah atau mendapat pekerjaan yang diinginkan, jangan lupa untuk segera mengabari ayah kamu. Dia pasti akan sangat senang dan bangga kepadamu. Sebab, tidak ada yang lebih membahagiakan bagi seorang ayah di hari tuanya selain membanggakan anaknya sendiri.

2. Sempatkan waktu untuk mengobrol langsung dengan ayah

Bukan Hadiah, 5 Sikap Sederhana Ini Bikin Ayahmu BahagiaPexels/toulouse

Saat usia sudah menua dan stamina sudah menurun, apa lagi yang bisa dilakukan ayah selain mengobrol dengan anaknya? Kamu yang sudah lama merantau dan tidak tinggal satu rumah dengan ayah pasti sudah tak memiliki momen khusus untuk mengobrol dengannya, apalagi dengan segala hal yang sudah kamu lalui. Tentu ada banyak sekali bahan pembicaraan yang bisa membuat obrolan dengan ayahmu mengalir.

Sempatkan mengobrol dengan ayah saat kamu libur kerja atau kuliah dan pulang ke rumah. Ayah akan sangat senang bisa kembali bercakap dengan anaknya setelah sekian lama tidak bertemu.

Baca Juga: 9 Hadiah Menarik yang Bisa Kamu Berikan pada Hari Ayah Nanti

3. Hargai setiap hal yang ayah lakukan untukmu

Bukan Hadiah, 5 Sikap Sederhana Ini Bikin Ayahmu BahagiaFlickr/Ikhlasul Amal

Meskipun seorang anak sudah besar dan mandiri, ayah masih saja selalu ingin membantu anaknya dalam berbagai hal. Terkadang karena merasa tidak perlu, kita justru menolak apa yang sudah ayah usahakan untuk anaknya. Tentu hal itu akan membuat ayah sedikit kecewa karena kamu menolak apa yang sudah ditawarkan ayah kepadamu.

Sebaiknya tetap kamu terima apa pun yang ayah tawarkan kepadamu, yakinlah tujuan ayah melakukannya hanyalah untuk membantu anak kesayangannya dan itu kebahagiaan yang bisa diraih oleh seorang ayah setelah anaknya sudah mandiri.

4. Jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada ayah

Bukan Hadiah, 5 Sikap Sederhana Ini Bikin Ayahmu BahagiaPexels/kaysha

Jika kamu sedang dilanda masalah yang cukup berat dan bingung mau meminta saran kepada siapa lagi, ayah adalah tempat terbaik yang akan memberikan rasa aman dari masalah yang tengah kamu hadapi.

Inilah pentingnya mengapa kita harus tetap menjaga kedekatan dengan orangtua terutama ayah, karena ayah akan selalu punya cara tepat untuk meredakan masalah yang dimiliki anaknya. Ia tidak akan sungkan membantumu dengan segala kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya. Ayah pun merasa senang karena anaknya masih mau bercerita masalah dengannya.

5. Bersabar dengan apa pun sifat yang dimiliki ayah

Bukan Hadiah, 5 Sikap Sederhana Ini Bikin Ayahmu BahagiaPexels/mastercowley

Terkadang tak semua sifat ayah cocok dengan diri kita, terkadang kita menganggap ayah adalah orang yang mudah marah saat kita melakukan kesalahan, atau ayah adalah orang yang selalu menyuruh kita untuk disiplin tiap melakukan rutinitas sehari-hari. Namun kamu harus sadar bahwa itu adalah bentuk kasih sayangnya kepadamu, sehingga meskipun kamu merasa sebal, bersabar adalah salah satu cara agar kamu tetap bisa menjaga kedekatan hubungan dengan ayahmu.

Itulah 5 sikap yang bisa kamu lakukan agar ayahmu selalu merasa bahagia. Momen hari ayah ini sama-sama mengingatkan kita tentang sosok seorang ayah yang terkadang kita lupa untuk melakukan hal-hal sederhana yang justru juga bisa membuatnya senang. Yuk, terapkan sikap ini kepada ayah kamu.

Baca Juga: Potret Haru Perjuangan Ayah demi Anak Bikin Mewek

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya