Comscore Tracker

5 Fakta Unik tentang Pesawat, dari Klakson hingga Menu Makanan 

Tahukah kamu pesawat punya klakson lho!

Pesawat menjadi transportasi andalan untuk bepergian jarak jauh. Nah, bagi kamu yang sering menggunakan pesawat, apakah sudah mengetahui seluk beluk keunikannya?Mungkin ada beberapa fakta menarik tentang pesawat terbang yang selama ini tak terpikirkan olehmu sebelumnya. Dikutip dari Instragram @ap-airports, yuk kita cari tahu apa saja keunikan yang dimiliki pesawat. 

1. Pesawat mempunyai klakson

5 Fakta Unik tentang Pesawat, dari Klakson hingga Menu Makanan Ilustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Beberapa pesawat ternyata mempunyai klakson, namun ini tidak digunakan untuk menakuti atau memperingatkan burung dan memberi tanda bagi pesawat lainnya. Klakson hanya digunakan saat pesawat di darat saja. Misalnya, saat teknisi sedang memperbaiki kokpit, klakson akan digunakan untuk memanggil kru lain di luar pesawat. Jadi fungsinya beda ya dibanding transportasi lainnya. 

2. Pintu pesawat tak bisa dibuka saat terbang

5 Fakta Unik tentang Pesawat, dari Klakson hingga Menu Makanan Ilustrasi pintu pesawat terbang. Instagram/ap_airports

Saat terbang pintu pesawat tidak dapat dibuka dengan leluasa. Hal ini disebabkan adanya tekanan dalam kabin yang kuat, untuk membuka pintu seseorang harus mampu melawan tekanan seberat 11 ribu kilogram. Ditambah struktur pintu pesawat terdapat kunci dan mur yang menjaga pintu tetap tertutup. 

Baca Juga: 6 Coffe Shop di Sleman Tempatnya Luas, Cozy Buat Kerja! 

Baca Juga: Kedai Kantigeni Padukan Kopi dan Tembakau Khas Nusantara   

3. Makanan pilot dan co-pilot harus berbeda

5 Fakta Unik tentang Pesawat, dari Klakson hingga Menu Makanan Ilustrasi makanan pilot dan co-pilot. Instagram/ap_airports

Terdapat aturan yang mengharuskan penyajian makanan yang disediakan untuk pilot dan co-pilot tak boleh sama. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan terjadinya keracunan. Jika makanan yang dihidangkan salah satunya terdapat racun, maka salah satu tetap bisa menjalankan tugasnya menerbangkan pesawat.    

4. Makanan di pesawat menjadi hambar

5 Fakta Unik tentang Pesawat, dari Klakson hingga Menu Makanan Pixabay

Kamu pernah mencoba makanan di pesawat, bagaimana rasanya? Berdasarkan @ap_airports, rasa makanan yang dikonsumsi penumpang pesawat akan berbeda dibanding saat di darat. Hal ini disebabkan sepertiga indra perasa kita tidak berfungsi saat berada di udara, apalagi berada di ketinggian di atas 30 ribu kaki. 

Udara kering dan tekanan rendah di pesawat juga mengurangi kepekaan pengecap makanan asin dan manis hingga 30 persen.  

5. Pesawat dirancang tahan petir

5 Fakta Unik tentang Pesawat, dari Klakson hingga Menu Makanan Ilustrasi Petir (IDN Times/Mardya Shakti)

Bepergian saat terjadi badai bisa saja membuat penumpang menjadi takut. Jangan panik, karena pesawat dibuat untuk menahan energi kilat dengan cara menyebarkannya ke kulit aluminium sehingga kenyamanan penumpang tak terganggu.

  

Baca Juga: Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagum

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya