Comscore Tracker

5 Kesalahan Ini Bikin Kulkas Jadi Bau, Jangan Lakukan!

Sering gak disadari, ada banyak alasan bikin kulkas jadi bau

Bau menyengat saat membuka kulkas memang bikin bete. Kulkas yang sejatinya jadi tempat aman buat menyimpan makanan, justru kini bikin malas memasak karena makanan yang cepat basi dan berbau. 

Ternyata, ada berbagai alasan kenapa kulkas jadi bau dan seringnya gak banyak disadari penggunanya. Berikut ini 5 kesalahan pemakaian yang bikin kulkas jadi bau. Yuk, lebih diperhatikan lagi!

1. Banyak sisa bahan makanan

5 Kesalahan Ini Bikin Kulkas Jadi Bau, Jangan Lakukan!ilustrasi kulkas (unsplash.com/@shklyaevmax)

Hal yang paling sering diabaikan pemilik kulkas adalah soal kebersihannya. Ada banyak sisa makanan di bagian lemari es dan menyebabkan bercak menempel di sudut-sudut kulkas. Makanya, sangat penting menyempatkan waktu membersihkan kulkas sebelum kembali mengisinya dengan bahan makanan. 

Sebelum membersihkan kulkas, pastikan semua barang dikeluarkan lebih dahulu. Lalu, lap perlahan setiap detail bagian kulkas dengan spon yang sudah direndam dengan cuka putih atau detergen ringan. Jangan hanya bagian dalamnya, tapi juga bersihkan pintu dan permukaan kulkas juga!

Baca Juga: Ahli Gizi UGM Ungkap Cara Konsumsi Buah dan Sayur yang Baik

2. Banyak menyimpan makanan basi

5 Kesalahan Ini Bikin Kulkas Jadi Bau, Jangan Lakukan!ilustrasi kulkas (pexels.com/@wildlittlethingsphoto)

Mana nih yang sering menyimpan bumbu, susu, sampai aneka kudapan di kulkas dalam jangka waktu lama sampai kedaluwarsa? Duh, sayang banget 'kan makanan-makanan tersebut cuma berakhir jadi sampah?

Jamur bisa dengan mudah tumbuh di segala jenis lingkungan dan sangat menyukai kelembapan. Nah, biar gak bikin bau kulkas, segera habiskan makanan setelah dibuka. 

Atau, kalau memang ingin menyimpannya, buat catatan dalam kertas kecil. Tulis nama makanan dan tanggal kedaluarsanya, lalu tempelkan di pintu kulkas. Dengan begitu, kamu jadi selalu waspada dengan makanan yang ada di dalam dan gak membiarkannya sampai basi lagi. 

3. Suhu dalam kulkas yang terlalu panas

5 Kesalahan Ini Bikin Kulkas Jadi Bau, Jangan Lakukan!ilustrasi kulkas (unsplash.com/@nicotitto)

Gak banyak yang tahu kalau setelan suhu kulkas yang terlalu kecil bisa membuat kulkas jadi bau. Hal ini karena suhu di dalamnya terlalu tinggi dan tidak ideal untuk mengawetkan makanan. 

Karena dalam ruangan yang panas dan tertutup, membuat makanan jadi cepat berjamur juga. Selain itu, makanan juga bisa terkontaminasi bakteri berbahaya seperti salmonella. 

4. Suhu kulkas yang terlalu rendah

5 Kesalahan Ini Bikin Kulkas Jadi Bau, Jangan Lakukan!ilustrasi kulkas (unsplash.com/@ernest_brillo)

Sebaliknya, suhu kulkas yang terlalu rendah juga bisa bikin bau, loh! Hal ini disebabkan oleh bunga es yang menumpuk di dalamnya. Dari embun beku itulah bisa menyebabkan bau lembap yang mengganggu. 

Cek secara berkala suhu kulkas supaya tidak menyebabkan tumpukan bunga es atau malah suhu terlalu tinggi. Kemudian, cari tahu suhu terbaik dan sesuaikan kulkas jika ingin menyimpan suatu jenis makanan sehingga bisa awet dan kulkas pun tak menimbulkan bau. 

5. Tampungan air yang penuh

5 Kesalahan Ini Bikin Kulkas Jadi Bau, Jangan Lakukan!ilustrasi kulkas (unsplash.com/@gabography)

Fungsinya penting tapi sering dilupakan dalam bagian kulkas adalah tempat tampungan air yang menetes. Beberapa kulkas, khususnya kulkas tipe lawas memiliki wadah untuk air yang menetes yang letaknya di bagian bawah. 

Karena bagian tersebut selalu lembap, apalagi jika banyak air tergenang dan tak segera dibuang, bisa menjadi tempat berkembang biak jamur. Hal ini yang kemudian menimbulkan aroma busuk dan apek. 

Nah, jika kulkasmu memiliki tampungan air seperti ini, jangan lupa untuk rajin membersihkannya. Jangan lupa cuci tampungannya secara berkala dengan sabun dan keringkan sebelum kembali dipasang. 

Nah, pastikan kamu memperhatikan lima kesalahan di atas, sehingga kulkasmu tidak bau lagi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Gulai Daging Anti Gagal, Kuahnya Dijamin Gurih!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya