Comscore Tracker

Senyuman Siswa SD Bantu Orangtua Berjualan Camilan di Jakal Yogyakarta

Tetap ceria meski harus berjuang menyambung hidup 

Yogyakarta, IDN Times - Seorang pengguna Twitter bernama Iqbal Mahardika dengan nama akun @hellmahardika membagikan sebuah kisah saat dirinya bertemu dengan seorang anak perempuan yang berjualan di pinggir jalan di tengah hari. Anak ini bernama Olivia. Kisahnya pun membuat netizen terenyuh melihatnya.

1. Olivia berjualan di sekitaran Jl. Kaliurang km 5

Dalam unggahannya, Iqbal mengatakan bahwa Olivia sedang menjajakan dagangannya yang berupa camilan seharga Rp10 ribu per bungkus di depan toko jam di kawasan Jalan Kaliurang Km 5, Yogyakarta

Menurut Iqbal, sekolah Olivia tengah libur dan diganti dengan pelajaran daring.  Olivia pun bercerita bahwa dirinya meminjam ponsel tetangganya untuk mengikuti pelajaran secara daring.

Melalui Iqbal, Olivia mengatakan bahwa ibunya juga berjualan, namun dengan lokasi jualan yang terpencar. Meski berjualan di tengah hari, Olivia mengaku masih tetap menjalankan ibadah puasa.

Hingga artikel ini ditulis, postingan yang diunggah Iqbal sejak Senin (4/5) ini sudah disukai 28,6 ribu pengguna Twitter dan 17,2 ribu pengguna Twitter lainnya sedang membicarakan postingan ini.

2. Olivia mengaku bahwa rumahnya berada di kawasan Pingit

Senyuman Siswa SD Bantu Orangtua Berjualan Camilan di Jakal YogyakartaTwitter.com/ainiparamartaa

Iqbal sempat menanyakan rumah Olivia yang ternyata berada di kawasan Pingit, Yogyakarta. Jaraknya cukup jauh dari lokasi dia berjualan di Jl Kaliurang. Selain itu Olivia juga mengaku saat ini duduk di bangku kelas 2 SD.

"Dek Oliv ini rumahnya Pingit, masih kelas 2 SD katanya. Aku lupa buat nanya dia jualan jam berapa tp aku ketemu jam 2-3 sore. Mari dilarisi mas/mbak, paling tidak bikin Oliv pulang dengan keranjang kosong. Biar enteng bawanya :)))," tulis Iqbal melalui Twitter-nya.

Iqbal juga mengajak para warganet Twitter untuk melarisi dagangan Olivia jika menemuinya di jalan.

Baca Juga: Kisah Kakek Dagang Mi Ayam Keliling Yogyakarta demi Hidupi Keluarga 

3. Kepolosan Olivia membuat netizen semakin ingin membantu

Melihat postingan Iqbal, pengguna Twitter dengan nama akun @ainiparamartaa pun membagikan videonya yang bertemu dengan Olivia. Dalam videonya, dia memberi tahu Olivia bahwa dirinya saat ini tengah viral di Twitter, namun dengan polosnya Olivia justru tidak tahu apa itu Twitter.

"Kamu tau gak kamu masuk Twitter," kata wanita dalam video tersebut. Lalu Olivia pun menjawab "Twitter itu apa?," sambil tersenyum polos.

Wanita tersebut pun menceritakan bahwa kemarin ada yang memotret Olivia dan mengunggahnya di Twitter sehingga saat ini banyak orang yang tahu tentang dirinya.

Namun Olivia hanya mengangguk dan menjawab bahwa dia sudah tahu melalui Facebook. Sontak wanita dalam video tersebut tertawa mendengar jawaban Olivia.

Menurut penuturan @ainiparamartaa saat IDN Times hubungi pada Rabu (6/5), Olivia memang sering mampir ke tempatnya bekerja untuk sekadar meminta minum.

4. Pengguna Twitter lain mengaku pernah bertemu Olivia di jalan

Senyuman Siswa SD Bantu Orangtua Berjualan Camilan di Jakal YogyakartaTwitter.com/ainiparamartaa

Beberapa warganet Twitter pun membagikan ceritanya saat bertemu dengan Olivia, seperti yang diceritakan oleh pengguna Twitter dengan nama akun @tastelesssweet ini.

"Waktu studytour aku sm temen2 liat dia jualan disekitar UGM, dia nawarin dagangannya waktu kita lagi makan siang, sebenernya kita gamau beli karna kurang suka sm makanannya trs cm dikasih uang 10rb dan ga ambil dagangannya tp dia bilang, 'gak mau, saya jualan, gak minta uang'," tulisnya sambil mengenang pertemuannya dengan Olivia.

Bahkan dirinya mengatakan bahwa Olivia berjualan dengan ceria sambil menari-nari dan melompat-lompat di tengah cuaca yang sedang panas.

Pengguna Twitter lain dengan nama akun @taamitaa_ juga pernah tersentuh hatinya karena kebaikan Olivia.

"Bener! Pas itu pernah ketemu juga pas itu (saya) lg makan bakso di deket ugm kepedesan trus di kasih tisu sm dia," tulisnya mengenang kebaikan Olivia.

Olivia menjadi gambaran bahwa ada banyak orang di luar sana yang tetap bisa tersenyum ceria tanpa mengeluh meski harus berjuang keras berjualan demi menyambung hidup keluarganya. 

Baca Juga: Viral, Bocah Hidup Sebatang Kara Pungut Rongsok di Mandala Krida

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya