Comscore Tracker

4 Rekomendasi Film India yang Menginspirasi dan Menguras Air Mata

Film India ini pernah tayang di layar kaca Indonesia

Film India memang familiar dengan drama musikal dan aden romantis. Namun tidak hanya itu, kisah inspiratif dari perjalanan hidup seseorang yang dikemas dalam sebuah cerita yang menarik juga menjadi tema dalam film India kali ini. 

Nah, berikut ini adalah lima rekomendasi film India yang menginspirasi dan menguras air mata yang gak boleh dilewatkan. Yuk, simak sampai habis ya!

1. Taare Zameen Par (2007)

https://www.youtube.com/embed/2LEyl7GGU38

Film yang dirilis pada 21 Desember 2007 ini disutradarai oleh Aamir Khan dan  Amole Gupte, berkisah tentang kehidupan seorang anak 8 tahun yang bernama Ishaan. Di usianya tersebut Ishaan belum bisa membaca, menulis, dan menghitung. Hal ini membuat kemampuan akademiknya di sekolah tertinggal jauh dibandingkan anak sebayanya. Bahkan, Ishaan sering dicap sebagai anak yang bodoh, nakal, dan malas oleh guru dan orang tuanya.

Mengetahui hal tersebut, guru kreatifnya mencari tahu permasalahan yang dialami Ishaan. Akhirnya berhasil mengetahui Ishaan mengalami kelainan disleksia. Setelah mengetahui hal tersebut, guru Ishaan menerapkan metode belajar yang berbeda, hal itu berhasil membuat Ishaan memiliki kemajuan di beberapa mata pelajaran terutama seni. 

Film ini memiliki pesan yang mendalam bagi penonton yaitu, perhatian orang terdekat terutama keluarga merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang anak dan setiap anak dilahirkan istimewa dengan kelebihan masing-masing.


Baca Juga: 7 Film Horor Turki Seramnya Bikin Susah Tidur, Jangan Nonton Sendirian

2. Bajrangi Bhaijaan (2015)

https://www.youtube.com/embed/AIhFzg8Ersk

Film yang dibintangi oleh aktor ternama Salman Khan ini diawali kisah seorang gadis kecil yang tidak bisa berbicara bernama Shahida asal Pakistan. Ia terpisah dari ibunya saat melakukan perjalanan menuju India yang berharap dapat kembali bersama keluarganya di Pakistan.

Dalam perjalanannya, ia dibantu oleh seorang pria India beragama Hindu bernama Pawan yang berusaha mempertemukannya dengan keluarga. 

Perjuangan Pawan untuk masuk ke Pakistan dihadapkan dengan kondisi konflik kedua negara yang belum usai, justru ia dituduh jadi mata-mata dan diburu oleh pemerintah Pakistan. Pawan akhirnya malah tertangkap dan dipenjarakan oleh tentara perbatasan Pakistan. Setelah melewati berbagai macam rintangan akhirnya Pawan dibebaskan dan Shahida dipertemukan kembali dengan keluarganya

Film ini mengajarkan kepada kita untuk saling menghargai, berkasih sayang dan bersikap toleransi antar umat beragama.


3. Raatchasi (2019)

https://www.youtube.com/embed/t6QTg0Jal2Y

Perempuan tidak hanya dituntut dalam urusan dapur, kasur, dan sumur, namun juga berhak mempunyai andil di lingkungannya. Salah satunya adalah bidang pendidikan. 

Seperti dikisahkan dalam film ini mengenai seorang perempuan tangguhò mantan militer bernama Geetha Rani diperankan oleh Jyotika, diutus menjadi kepala sekolah baru di sebuah desa terpencil, bagian selatan India. Banyak hal yang ia amati sejak pertama kali menjabat sebagai kepala sekolah.

Mulai dari sistem sekolah yang sangat tidak profesional, sampai murid-murid yang terlihat tidak mengikuti aturan, serta gedung sekolah yang tak layak. Dirinya akhirnya bertekad untuk melakukan perubahan besar bagi masa depan murid-muridnya.

Usaha dan kerja kerasnya tidak sia-sia, perlahan sekolah tersebut bangkit dan ia berhasil melakukan perubahan di sekolah tersebut menjadi lebih baik.


Baca Juga: 10 Transformasi Mischka dan Devon, Duo Genius Asal Indonesia

4. Hichki (2018)

https://www.youtube.com/embed/nLSaCFlXn-g

Kelemahan bukanlah sebuah halangan untuk mencapai cita-cita. Inilah cerita tentang seorang wanita yang mengubah kekurangannya menjadi kekuatan terbesar dalam mencapai impiannya. Naina Malah guru bercita-cita tinggi yang menderita Tourette Syndrome atau gangguan saraf. 

Setelah beberapa wawancara dan banyak penolakan, dia mendapatkan pekerjaan impiannya sebagai guru di salah satu sekolah paling elite di kota. Namun, dia segera menyadari bahwa kelas yang ditugaskan kepadanya terdiri dari siswa pemberontak. 

Penyakit yang kadang tak terkendali tersebut cukup mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan kerap kali membuat ia mendapatkan ejekan dari siswanya sendiri. Meski begitu semangat yang dimilikinya tidak pernah menurun. 

Naina sadar bahwa penyakitnya tidak mudah disembuhkan. Tapi, hal itu tak menjadi penghalang untuk terus melanjutkan kehidupan dan mewujudkan impian. Di tengah keterbatasannya, Naina tidak hanya berupaya menjadi guru terbaik serta bijak. Ia selalu membela dan melindungi murid-muridnya. Ia juga berjanji ingin menjadi sosok paling diandalkan oleh murid-murid dalam segala situasi.

Itulah beberapa film India yang harus banget kalian tonton. Begitu banyak pesan moral yang bisa kita petik dari film-film tersebut. 


uti uti Photo Community Writer uti uti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya