Comscore Tracker

Cek Fasilitas dan Layanan di Rumah Sakit Muhammadiyah Yogyakarta

Menerima tes dan vaksinasi COVID-19

Rumah Sakit Muhammadiyah Yogyakarta yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 20 ini merupakan salah satu RS PKU Muhammadiyah yang terdapat di Yogyakarta. Beberapa rumah sakit lainnya bisa dijumpai di daerah Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Kota Gede.

RS PKU Muhammadiyah berdiri sebagai bentuk amal organisasi Muhammadiyah di bidang kesehatan. Ditunjang oleh tenaga medis terampil serta fasilitas memadai, tak ayal bila rumah sakit swasta Islam ini pun telah berstatus sebagai rumah sakit tipe B.

Sebelum bertolak ke lokasi, ada baiknya kamu cari tahu lebih dulu fasilitas dan layanan kesehatan apa saja yang tersedia di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Simak rangkuman IDN Times berikut ini, ya!

1. Berdiri sejak masa Hindia Belanda

Cek Fasilitas dan Layanan di Rumah Sakit Muhammadiyah YogyakartaPKU Muhammadiyah di zaman Hindia Belanda (suaramuhammadiyah.id)

Urgensi untuk memiliki pusat pelayanan kesehatan yang bisa diakses dengan mudah oleh kaum duafa muncul dari H.M. Sudja pada masa Hindia Belanda. H.M. Sudja merupakan salah satu murid pertama K.H. Ahmad Dahlan, seorang Ulama Besar bergelar Pahlawan Nasional Indonesia.

Setelah melalui pertimbangan panjang, gagasan H.M. Sudja pun bisa terealisasi dengan berdirinya klinik sederhana bernama PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) pada 1923 di kampung Jagang Notoprajan. Tentu, pembangunannya sepenuhnya didukung oleh K.H. Ahmad Dahlan.

Hingga 1936, PKO Muhammadiyah sempat berpindah lokasi dan berganti nama beberapa kali sebelum akhirnya menetap di tempat yang sekarang. Pergantian status dari klinik dan poliklinik menjadi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta pun baru diresmikan pada 1970-an.

2. Fasilitasnya lengkap dan bermutu

Cek Fasilitas dan Layanan di Rumah Sakit Muhammadiyah YogyakartaInstalasi Farmasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta (Google Maps/Arif Maftuhin)

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta beroperasi dengan berlandaskan prinsip Qaidah Amal yang mengutamakan terbentuknya kehidupan sejahtera dan sakinah. Selalu berupaya menjaga mutu kelengakapan fasilitas umum dan khusus pasien, tidak heran bila rumah sakit Islam ini menjadi salah satu rujukan medis terpercaya bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain masjid dan swalayan, gerai ATM mudah diakses di kompleks rumah sakit. Mengingat kenyamanan dan keselamatan pengunjung sangat penting, staf keamanan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta pun berjaga 24 jam.

Instalasi farmasi di rumah sakit ini terbuka selama 24 jam. Ada pun fasilitas rukti jenazah sesuai tuntunan Rasulullah SAW dan Muhammadiyah yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga: Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta: Fasilitas, Layanan, dan Jam Besuk

3. Layanan poliklinik anak hingga paru

Cek Fasilitas dan Layanan di Rumah Sakit Muhammadiyah YogyakartaInstalasi Gawat Darurat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta (Google Maps/Muhammad Bakr Muhlison)

Dalam rangka mewujudkan keselamatan dan meningkatkan harapan hidup pasien, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta membuka beragam pelayanan poliklinik yang ditangani oleh dokter umum dan spesialis profesional. Layanan poliklinik yang tersedia di antaranya yaitu poliklinik anak, bedah syaraf, bedah umum, poliklinik gigi, jantung dan pembuluh darah, hematonkologi, kulit dan kelamin, juga poliklinik mata.

Medical check up untuk deteksi dini penyakit degeneratif semakin mudah dilakukan berkat adaptasi penggunaan teknologi modern. Dengan tarif beragam mulai dari Rp165.000 hingga Rp1.340.000, menyesuaikan jumlah pemeriksaan.

4. Menerima panggilan home care

Cek Fasilitas dan Layanan di Rumah Sakit Muhammadiyah Yogyakartailustrasi vaksinasi (pexels.com/Gustavo Fring)

Salah satu wujud implementasi kemudahan akses layanan kesehatan yaitu melalui home care service. Kini banyak rumah sakit yang menerima pelayanan pemeriksaan panggilan ke rumah pasien, salah satunya RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Adanya pelayanan home care sangat membantu pasien dengan kondisi yang sulit untuk berkunjung langsung ke rumah sakit. Misalnya, agar anak merasa aman dan nyaman secara psikologis saat hendak disunat, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta pun membuka layanan khitan di rumah dengan biaya terjangkau, serta ditangani langsung oleh dokter dan perawat.

5. Daftar pemeriksaan mudah via WhatsApp

Cek Fasilitas dan Layanan di Rumah Sakit Muhammadiyah Yogyakartailustrasi tersenyum membaca pesan (pexels.com/@olly)

Menunggu antrean pemeriksaan di rumah sakit kerap kali jadi kegiatan yang menjemukkan, ya. Untungnya, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta turut membuka pendaftaran online yang bisa diakses melalui WhatsApp, SMS, dan Telegram melalui nomor 08886412345.

Pendaftaran online hanya berlaku mulai dari H-7 sampai H-1 janji temu. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mengirim pesan dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Ketik (Nama) spasi (Nomor Rekam Medis/Baru) spasi (Poli) spasi (Dokter) spasi (Hari dan Tanggal) spasi (BPJS/ASURANSI/UMUM);
  • Pasien lama yang baru menggunakan layanan pendataran online diminta mengirimkan foto KTP, Kartu Pasien RS PKU Muh Yogya, kartu keluarga, akta kelahiran, dan/KTP orang tuanya (bagi pasien anak-anak);
  • Untuk pasien baru diminta mengirimkan foto KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, dan/ KTP orang tua (bagi pasien anak-anak), kartu BPJS atau asuransi lainnya;
  • Simpan baik-baik nomor antrian yang dikirimkan oleh petugas pendaftaran online untuk ditunjukkan kepada petugas pendaftaran di rumah sakit.

Demikian informasi mengenai fasilitas dan layanan di Rumah Sakit Muhammadiyah Yogyakarta. Jangan tunda untuk datang ke rumah sakit apabila mulai merasa tidak enak badan, ya.

Baca Juga: Jangan Remehkan, Ini Penyebab Stunting Jadi Masalah Kesehatan Serius

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya