Comscore Tracker

Resep Roti Kembang Waru, Kudapan Favorit Raja Mataram

Nostalgia rasa roti jadul

Salah satu kuliner peninggalan Kerajaan Mataram yang masih bisa kita nikmati saat ini yakni roti kembang waru. Roti yang terinspirasi dari bunga pohon waru ini merupakan kudapan favorit bagi keluarga Kerajaan Mataram pada zamannya.

Seiring perkembangan zaman, roti kembang waru dapat dinikmati oleh masyarakat umum dan dijual di pasar serta toko roti. Penasaran seperti apa roti kembang waru ini di buat? Yuk simak resep selengkapnya di bawah ini!

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Roti Kembang Waru, Kudapan Favorit Raja Mataramilustrasi bahan yang dibutuhkan (pixabay.com/sontung57)

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat roti kembang waru adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah:

  • 250 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 300 ml susu cair 
  • 60 gr mentega
  • 50 gr gula
  • 1/4 sdt Vanili 

2. Campur telur, terigu dan bahan lainnya

Resep Roti Kembang Waru, Kudapan Favorit Raja Mataramilustrasi mencampur semua bahan(pixaba ily.com/congerdesign)

Proses membuat roti kembang waru berikutnya yaitu mencampur semua bahan. Hal Pertama yang harus kita lakukan yaitu ayak tepung terigu agar lembut dan tidak bergelombang. Setelah itu siapkan wadah, masukkan susu, kuning telur, dan mentega. Aduk hingga tercampur merata. Campur tepung terigu dan aduk hingga mengental. 

Baca Juga: Kumpeni Burger, Menikmati Western Food di Rumah Joglo

3. Tunggu sampai adonan mengembang 

Resep Roti Kembang Waru, Kudapan Favorit Raja Mataramilustrasi adonan mengembang(instagram.com/amantehomebakery)

Proses berikutnya, kocok putih telur hingga agak setengah mengembang, lalu masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sembari dikocok hingga kaku dan tercampur rata.

Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan sembari aduk pelan-pelan hingga adonan roti kembang waru tercampur dengan sempurna. 

4. Saatnya memanggang roti kembang waru

Resep Roti Kembang Waru, Kudapan Favorit Raja Matarampotret memanggang roti(instagram.com/bengkel_febrimotor)

Olesi cetakan berbentuk bunga dengan mentega kemudian masukkan adonan roti kembang warunya, setelah itu adonan dipanggang menggunakan oven. Biasanya pembuatan roti ini masih menggunakan panggangan tradisional, yaitu yang menggunakan kayu atau arang.  

Bara arang oven tradisional tidak hanya digunakan di bagian bawah oven saja, namun bara arang juga diletakan di atas oven. Hal ini dilakukan agar panas oven lebih maksimal, karena sumber panas berasal dari bagian bawah dan atas. 

5. Roti kembang waru siap disajikan

Resep Roti Kembang Waru, Kudapan Favorit Raja Matarampotret roti kembang waru(instagram.com/oleh-olehjogjanamira)

Untuk menyajikanya, tata roti kembang waru dalam sebuah piring ditemani dengan secangkir teh hangat. Roti empuk dengan aroma yang wangi dan rasanya pun manis , siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. 

Mudah kan cara membuat roti kembang waru? Bahannya murah murah dan rasanya pun gurih. Selamat mencoba resep ini di rumah!

Baca Juga: Kedai Terang Bintang, Sensasi Makan Udon di Pasar Kranggan 

Nia Aqilla Photo Community Writer Nia Aqilla

Jelajahi Nusantara dengan resep kulinernya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya