Comscore Tracker

Kedai Terang Bintang, Sensasi Makan Udon di Pasar Kranggan 

Ingin pasar tradisional sebagai tempat nongkrong anak muda

Yogyakarta, IDN Times – Sajian makan enak di dalam pasar kian diminati di Jogja. Tak hanya menyajikan makanan tradisional, salah satu tempat makan yang wajib dicicipi berada di dalam Pasar Kranggan yang terletak tepat di jantung Kota Yogyakarta. 

Di dalam pasar yang berada tak jauh dari Tugu Pal Putih, terdapat sebuah kedai yang diberi nama Terang Bintang. Kedai mi khas Jepang ini baru buka di awal bulan Ramadan 2022, namun cukup menarik perhatian kalangan pencinta makan enak.

 

1. Berawal ingin buka kedai kopi, berubah haluan sajikan menu makan beragam

Kedai Terang Bintang, Sensasi Makan Udon di Pasar Kranggan Kedai Terang Bintang (dok.istimewa/wisnu nugroho)

Wisnu Nugroho dan kedua temannya sengaja membuka kedai udon di Pasar Kranggan karena melihat potensi besar di tempat tersebut untuk memulai sebuah usaha kuliner.

“Awalnya aku nemu tempat di Pasar Kranggan untuk membuat usaha kedai kopi klasik. Di Jogja belum banyak kan kedai kopi klasik kaya gitu,” ujar Wisnu Nugroho memulai cerita berdirinya Kedai Terang Bintang pada Kamis (21/04/2022). Mereka pun sudah membuat menu untuk calon kedai kopinya, namun di tengah jalan ia menyadari orang datang ke Pasar Kranggan dengan niat mencari makanan berat.

Wisnu yang memiliki keterampilan masak akhirnya memutuskan membuka kedai dengan menu yang lebih beragam daripada sekadar kopi. Kepada IDN Times, menu utama yang disajikan adalah udon xilau. Meski udon sebagai makanan khas Jepang, ia berani mencampur unsur lokal ke dalamnya, yaitu memasukkan daging ayam sebagai pugas dimasak dengan bumbu ala mi ayam dan sambal matah. 

Gak hanya makanan yang menjadi menu utama, Wisnu juga merekomendasikan kopi butter dan cokelat butter yang akan jarang ditemukan di kedai lain.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi Pagi di Kranggan-Yogyakarta, Bikin Semangat Kerja!

2. Miliki tiga karyawan, Kedai Terang Bintang buka dari pagi sampai malam

Kedai Terang Bintang, Sensasi Makan Udon di Pasar Kranggan Kedai Terang Bintang (dok.istimewa/wisnu nugroho)

Mulai 9 Mei 2022, Kedai Terang Bintang akan menyambut konsumen mulai dari pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. Jadi kalau mau makan udon, kamu bisa langsung datang. Jangan lupa kedai dengan tiga karyawan ini tutup setiap hari Minggu, ya!

Konsep menu makan di Pasar Kranggan ini, juga menyasar para pesepeda yang gowes di pagi hari sebagai untuk pengunjungnya. Menu sarapan seperti roti sri rich yang tak lain adalah roti gandum selai srikaya bakar dengan secangkir kopi butter adalah kudapan tepat mengisi perut selepas olahraga. Sementara menu udon akan tersedia mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. 

3. Ingin menonjolkan pengalaman makan yang gak biasa

Kedai Terang Bintang, Sensasi Makan Udon di Pasar Kranggan Kedai Terang Bintang (dok.istimewa/wisnu nugroho)

Menjual makanan khas Jepang dengan perpaduan Indonesia, Terang Bintang dihias dengan poster-poster lawas. Wisnu dan teman-temannya tak hanya ingin menonjolkan sesuatu lebih dari sekadar makanan, tapi juga pengalaman makan yang berbeda. Mulai dari konsep kedai, pemilihan lagu yang mayoritas merupakan lagu lama, juga suasana makan di pasar tradisional.

“Tujuan kita itu make pasar great again. Jadi, orang gak sungkan atau malu lagi buat ke pasar.” Dengan adanya tempat nongkrong asyik di pasar, stigma atas pasar yang dikenal bau, becek, dan hal buruk lainnya juga hilang, imbuh Wisnu. 

4. Berjualan di pasar tradisional jadi teknik marketing yang unik

Kedai Terang Bintang, Sensasi Makan Udon di Pasar Kranggan Kedai Terang Bintang (dok.istimewa/wisnu nugroho)

Lelaki yang sebelumnya berbisnis ayam khas Madura ini merasa Pasar Kranggan cukup berpotensi untuk lokasi bisnis makanan. Apalagi beberapa tenant yang lebih dulu buka usaha makan di Pasar Kranggan terbilang ramai dan laris.

Pasar Kranggan pun dinilai strategis, hanya perlu dipoles untuk mendapatkan konsep sebagai tempat usaha. Wisnu berharap, nantinya Pasar Kranggan bisa menjadi tujuan nongkrong bagi anak muda di Yogyakarta. 

"Pasar Kranggan nantinya akan menjadi unique selling untuk kedainya sendiri," papar Wisnu.  

Baca Juga: Pernak-Pernik Lebaran Murah Meriah Bisa Dibeli di Pasar Beringharjo

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya