Comscore Tracker

Permudah Transportasi ke Bandara YIA, Stasiun Kedundang Diaktifkan

Agar penumpang dari Yogyakarta langsung ke YIA

Kulon Progo, IDN Times - Untuk mempercepat aksesibilitas dari Yogyakarta ke Bandara YIA di Kulon Progo, Kemenhub telah menyiapkan rangkaian kereta api bandara dari Stasiun Tugu menuju Stasiun Wojo, Wates. Sedangkan dari Stasiun Wojo akan dilanjutkan dengan naik bus menuju Bandara YIA.‎

Namun untuk mempersingkat jarak tempuh dari Stasiun Tugu Yogyakarta akan dibangun Stasiun Kedundang menuju Bandara YIA, diharapkan pada akhir tahun 2020 jalur kereta api tersebut selesai dibangun.

"Jadi kalau Stasiun Kedundang ini saat ini tidak beroperasi. Tapi nantinya saat membuat jalur kereta api maka Stasiun Kedundang akan menjadi persimpangan kereta api menuju Yogyakarta," katanya di Kulon Progo, Minggu petang (25/8).

1. Pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang menuju YIA dengan sistem elevated‎

Permudah Transportasi ke Bandara YIA, Stasiun Kedundang DiaktifkanANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Mantan Dirut PT AP II ini mengatakan untuk pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang menuju Bandara YIA akan menerapkan jalur kombinasi dengan mengedepankan sistem elevated atau melayang.

"Ada yang ketinggiannya antara 3 meter hingga 6 meter. Prinsip tidak ada jalur rel kereta api yang ditanam, jadi flatside dalam keadaan ketinggian 3 hingga 6 meter," tuturnya.

Baca Juga: Menhub: Awal Tahun 2020 Pembangunan Bandara YIA Selesai 100 Persen   

2. Kemenhub minta Daop 6 memaksimalkan kereta api yang melewati Stasiun Wojo‎

Permudah Transportasi ke Bandara YIA, Stasiun Kedundang DiaktifkanIDN Times/Istimewa

Sambil menunggu pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang menuju Bandara YIA, Budi Karya meminta kepada PT KAI Daop 6 Yogyakarta untuk merubah sistem operasi kereta api yang menuju Stasiun Wojo.

"Saat ini kan sudah ada 2 kereta api untuk YIA yang beroperasi dari Stasiun Wojo menuju Stasiun Maguwoharjo dan untuk kereta api yang yang existing di sini belum dimaksimalkan," katanya.‎

Oleh karenanya Budi berharap akan ada review kereta api dari Stasiun Tugu sampai Stasiun Maguwoharjo mondar-mandir,  sehingga keberangkatan kereta api dari Stasiun Tugu ke Stasiun Wojo lebih banyak ditambah dengan kereta api yang existing.  Saat ini terdapat 178 buah kereta api existing.

"Untuk saat ini dalam rangka meningkatkan mobilitas kereta api menuju Stasiun Wojo terlebih dahulu Daop 6 memanfaatkan kereta api yang existing yang belum optimal dioptimalkan lagi," katanya.

3. Bandara YIA akan selesai pembangunan 100 persen pada awal tahun 2020‎

Permudah Transportasi ke Bandara YIA, Stasiun Kedundang DiaktifkanIDN Times/Daruwaskita

Sebelumnya Budi Karya mengatakan Bandara YIA sendiri akan selesai pembangunan 100 persen pada awal tahun 2020 mendatang dan Bandara YIA akan diutamakan untuk penerbangan dengan tujuan luar Jawa. Sedang di Bandara Adisutjipto untuk melayani penerbangan tujuan di dalam Jawa.

"Nanti akan ada sekitar 100 take off-landing di Bandara YIA yang diutamakan untuk penerbangan tujuan luar Jawa," katanya.‎

Baca Juga: 4 Upaya untuk Mendorong Ekonomi DIY Pasca Pembangunan Bandara YIA

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You