Comscore Tracker

Bandara YIA Akan Memiliki New Beringharjo dan Koridor Malioboro

Ada standarisasi produk yang dijual‎ di sana

Bantul, IDN Times - Pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) diperkirakan  mencapai 100 persen pada awal tahun 2020 yang akan datang.

Rencananya, bandara yang pembangunannya tercepat di Indonesia dengan standar terbaik ini akan memiliki New Beringharjo dan Koridor Malioboro.

1. New Beringharjo akan menempati lahan seluas 1.900 meter persegi‎

Bandara YIA Akan Memiliki New Beringharjo dan Koridor MalioboroInstagram.com/pasarberingharjoyogyakarta

General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan New Beringharjo akan menempati lahan seluas 1.900 meter persegi. Lahan tersebut akan ditempati oleh UMKM asli dari kabupatan/kota di DI Yogyakarta berupa kerajinan, oleh-oleh, makanan dan ritel.

"New Beringharjo ini ditempatkan di commercial space dan menjadi daya tarik wisatawan," katanya ditemui di hotel Ros In, Bantul, Senin (2/9).

Baca Juga: Jokowi Memuji Pembangunan Bandara YIA yang Cepat dan Berkualitas

2. Ada standar produk yang ditetapkan‎ bagi UKM yang masuk YIA

Bandara YIA Akan Memiliki New Beringharjo dan Koridor MalioboroIDN Times/Debbie Sutrisno

Semua unit usaha sebenarnya bisa masuk di YIA namun demikian harus melalui kurasi dari Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta. Ada standar yang telah ditetapkan supaya produk bisa dijual di New Beringharjo.

"Ini kan pasarnya bukan hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara," katanya.

3. Ada koridor Malioboro dengan panjang 100-200 meter‎

Bandara YIA Akan Memiliki New Beringharjo dan Koridor MalioboroIDN Times/Tunggul Kumoro

Pandu juga mengatakan, selain New Beringharjo, di sisi utara juga akan dilengkapi dengan Koridor Malioboro yang berada di luar terminal dengan panjang sekitar 100-200 meter. Koridor yang menghubungkan bagian dalam dan luar bandara itu akan didesain seperti suasana Malioboro.

"Ada kaki lima, ada jajanan dan ada makanan. Jadi sebelum penumpang dari terminal menuju parkir area bisa menikmati suasana koridor seperti di Malioboro. Harapannya seperti itu," tuturnya.‎

Baca Juga: 9 UKM Asal Bantul Lolos Seleksi untuk 'Mejeng' di Bandara YIA

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You