Comscore Tracker

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9

Spesifikasinya gila-gila

Fast and Furious 9 (2020) atau juga biasa disebut F9 menjadi sebuah film action yang melibatkan berbagai jenis mobil keren. Sudah menjadi langganan sejak film pertama, franchise ini selalu menampilkan berbagai mobil dengan spesifikasi yang hebat.

F9 sendiri sudah menampilkan trailer dan berbagai poster yang menampilkan para tokohnya menggunakan mobil-mobil andalan mereka. Berikut IDN Times sajikan spesifikasi dari mobil-mobil yang digunakan para tokohnya di dunia nyata.

1. 2020 Dodge Charger SRT Hellcat Widebody (Dominic Toretto)

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9Dodge.com

Dijual dengan harga 82 ribu dolar Amerika Serikat, Charger SRT Hellcat Widebody merupakan sedan paling gila yang pernah dijual.  Memiliki tenaga sebesar 707 hp, mobil ini awalnya merupakan sebuah muscle car yang kemudian diubah menjadi sedan di tahun 2006 namun dikembangkan dengan tenaga yang luar biasa.

Mobil ini merupakan versi tertinggi dari seri Hellcat yang dimiliki Dodge. Tenaga kuda yang dimiliki berasal dari mesin V8 Supercharged-nya yang juga menghasilkan torsi sebesar 880 Nm.

Seri wide body ini memang memiliki desain bodi yang lebih lebar dari desain standar. Fender yang berukuran besar ditunjang juga dengan ukuran ban yang lebih lebar dari versi biasa. 

Desain interior juga didukung dengan kemewahan ala mobil kelas premium seperti head unit berlayar yang memiliki banyak menu, hingga kursi berlapis kulit. Salah satu yang menarik adalah rem parkir yang biasanya berada di dekat tuas persneling atau diubah menjadi sebuah tombol, Hellcat yang satu ini justru menggunakan rem parkir dengan versi pedal yang cara menggunakannya dengan diinjak seperti pada mobil-mobil premium Honda atau Toyota di Indonesia.

2. Jeep Wrangler Rubicon (Roman Pearce)

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9Instagram.com/jeep

Jeep Wrangler Rubicon merupakan mobil Jeep yang serinya paling atas. Dengan fender yang lebih besar menambah kemampuannya untuk melibas off road. Desain eksteriornya yang khas Jeep dengan beberapa gril memanjang vertikal dan lampu membulat sudah membuat semua orang tahu bahwa mobil ini adalah Jeep.

Suatu hal yang unik dari Jeep ini adalah adanya pengait di sisi samping kap mesin yang berfungsi untuk membuka dan mengunci kap mesin tanpa perlu membukanya dari dalam atau menggunakan remote. 

Sedangkan dari sisi dapur pacu, Jeep Wrangler Rubicon dengan tipe JL memiliki mesin 4 silinder 2.000 cc berturbo dan dilengkapi bantuan dari motor listrik yang menghasilkan 270 hp dengan torsi sebesar 400 Nm. Tenaga yang luar biasa untuk mobil off road

Bagian atapnya hard top bisa dibuka dan juga diganti menjadi soft top. Interior versi JL keluaran 2019 juga sudah lebih baik dan nyaman dibanding versi-versi Jeep lainnya yang cenderung kurang nyaman bagi penumpang.

Sedangkan untuk pengemudi, di bagian depan juga sudah modern dengan head unit berlayar yang memberikan berbagai informasi dalam berkendara. Harga Jeep Wrangler Rubicon mulai dari Rp1,5 miliar.

3. Noble M600 (Ramsey)

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9Instagram.com/nobleautomotiveltd

Merek yang asing di telinga orang Indonesia. Noble buatan Inggris yang dibuat hanya khusus jika ada yang memesan saja. Salah satu hal yang menarik dari mobil ini adalah sasisnya yang terbuat dari bahan stainless steel dan karbon.

Sedangkan untuk dapur pacu, mesinnya menggunakan V8 4.414 cc twin-turbocharged keluaran Volvo yang dapat menyeburkan tenaga hingga 650 hp. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Volvo XC90 dan S80.

Sedangkan untuk interior, pemesan mobil ini bisa memesan bahan interiornya seperti dari kulit, suede, karpet wol, atau juga bisa ditambah dengan panel kayu. Posisi mengemudi pun bisa disesuaikan dengan posisi paling nyaman dari pemesan. Harga yang ditawarkan adalah 200 ribu poundsterling atau setara Rp3,5 miliaran.

Baca Juga: Dom dan Timnya Kembali, 5 Fakta Menarik Film Fast and Furious 9

4. Acura NSX (Tej Parker)

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9Instagram.com/acura

Acura atau yang juga dikenal dengan Honda memiliki satu lini sport car andalannya yaitu NSX yang kini ada keluaran terbarunya yang lebih modern. Acura NSX ini dilengkapi fitur hybrid untuk meningkatkan performanya. Dengan desain eksterior yang futuristik mobil yang generasi pertamanya keluar pada tahun 1990 ini menjadi mobil sport paling mewah dari Honda.

Interior yang digunakan di Acura NSX sangat sporty dengan hanya memberikan dua tempat duduk saja. Selain itu pengembangannya juga sudah modern dengan shifter berupa tombol.

Dapur pacunya menggunakan mesin 3.500 cc V6 dengan 3 buah motor listrik yang bisa menyemburkan tenaga 571 hp all wheel drive sehingga bisa meraih kecepatan dari 0-100 km/jam hanya 2,9 detik saja. Mobil ini bisa ditebus dengan harga Rp2,2 miliar.

5. 1974 Chevrolet Chevelle SS (Mia Toretto)

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9Pxhere.com/Domain Publik

Salah satu mobil klasik yang ada di film ini adalah Chevrolet Chevelle SS keluaran tahun 1974. Mobil ini diproduksi dari tahun 1963 hingga 1977. Seri ini merupakan seri SS yang berarti versi Super Sport dan termasuk dalam kategori muscle car. Mesin yang digunakan adalah mesin V8 khas muscle car dengan tenaga hingga 300 hp. 

Eksterior dan interiornya sangat jadul khas mobil klasik tahun 70-an. Namun desainnya memang sangat gahar khas muscle car meskipun dikendarai seorang wanita di film ini.

Sedangkan untuk harganya tidak bisa ditentukan karena mobil ini tergolong mobil klasik yang harganya sangat menyesuaikan dengan kondisi dan proses restorasi yang dilakukan oleh pemiliknya.

6. Ford Mustang Shelby GT350 (Jakob Toretto)

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9Ford.com

Salah satu muscle car yang diremajakan dan keluar tahun 2020 ini memiliki desain yang sangat maskulin. Interiornya pun dibuat lebih sporty dengan jok dari Recaro dan kemudi berlapis kulit mewah Alcantara.

Sedangkan dapur pacu mobil ini dibekali dengan mesin V8 5.200 cc dengan tenaga 526 hp dan torsi sebesar 429 Nm. Mobil ini hanya tersedia dengan transmisi manual 6 percepatan yang artinya lebih mudah berakselerasi dengan cepat. 

Fitur unggulan lainnya adalah suspensi belakang independen yang akan menunjang handling kendaraan dan mengurangi mobil oleng saat bermanuver. 

Mobil ini tidak dijual resmi di Indonesia, sedangkan di pasaran Amerika Serikat mobil ini dijual dengan harga sekitar 70 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp900 jutaan.

7. Toyota Supra (Han Lue)

Tenaganya Wah, Ini Spesifikasi Mobil Para Tokoh di Fast and Furious 9Instagram.com/toyota

Toyota Supra berwarna oranye pernah digunakan Brian O'Connor (Paul Walker) pada The Fast and the Furious (2001). Kini ada seseorang yang kembali menggunakan Toyota Supra berwarna oranye namun dengan versi paling baru. Orang tersebut adalah Han Lue yang kemunculannya cukup mengagetkan, karena seperti yang banyak diketahui Han sudah meninggal akibat kecelakaan.

Toyota Supra yang digunakan Han adalah keluaran tahun 2019 yang memiliki tenaga 335 hp dengan torsi sebesar 500 Nm yang berasal dari mesin BMW 2.000 cc turbocharged. Selain itu juga ditawarkan mesin dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 3.000 cc untuk negara-negara tertentu. Toyota Supra terbaru adalah hasil dari sharing platform dengan BMW Z4. 

Salah satu hal yang menarik adalah perbandingan berat depan dan belakang mobil ini seimbang, yaitu 50:50 sehingga menunjang performa mobil. Di Indonesia mobil ini sudah dijual resmi dengan harga Rp1.995.000.000.

Itulah 7 mobil dan spesifikasinya yang akan tampil di film Fast and Furious 9. Apakah ada mobil yang kamu idolakan dan impikan untuk memilikinya?

Baca Juga: Wajib Nonton, 10 Film Perjuangan Manusia Melawan Virus Mematikan

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya