Comscore Tracker

Mau Coba Liburan Road Trip, Lakukan 5 Tips Ini Agar Perjalananmu Aman

Konsentrasi saat mengemudi, berjalan santai, jangan ngebut!

Road trip, tampaknya menjadi sebuah cara berlibur yang sangat diminati. Menikmati liburan road trip dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil, kita dapat menemukan banyak hal yang asyik. Mampir ke tempat yang menarik serta bebas kuliner di kota yang kita singgahi merupakan beberapa aktivitas yang asyik. 

Tak hanya itu, road trip merupakan cara liburan yang bisa ditekan pengeluarannya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap peminatnya. Namun, tetap harus berhati-hati di perjalanan nih karena menyetir kendaraan dengan rute yang panjang serta durasi waktu yang lama, membutuhkan konsentrasi yang kuat. Ada baiknya, simak penjelasan di bawah ini agar liburan road trip tetap aman.

1. Tanamkan selalu konsentrasi saat berkemudi, berjalan santai saja dan hindari mengebut

Mau Coba Liburan Road Trip, Lakukan 5 Tips Ini Agar Perjalananmu Amanilustrasi konsentrasi berkendara (Pexels.com/Kei Scampa)

Liburan dengan cara road trip, akan menciptakan kebersamaan serta kemesraan bersama keluarga atau siapa saja. Tapi, yang harus diingat adalah tetap menanamkan konsentrasi saat mengemudikan kendaraan dan berjalan santai saja. Hindari mengebut, namanya road trip sambil liburan dibawa santai saja sambil menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

2. Segera istirahat di rest area jika kantuk melanda

Mau Coba Liburan Road Trip, Lakukan 5 Tips Ini Agar Perjalananmu Amanilustrasi rest area (Pexels.com/Djordje Petrovic)

Musuh bagi para pengemudi saat melakukan perjalanan jauh adalah mengantuk dan lelah. Jangan abaikan hal tersebut, saat saat kantuk dan badan terasa lelah, segera untuk menepi di rest area terdekat. Lakukan streching badan agar tidak kaku. Usahakan tidur sejenak untuk me-recharge badan agar kembali segar dan bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Kerap Disepelekan Wisatawan Sebelum Liburan

3. Jauhkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi berkendara

Mau Coba Liburan Road Trip, Lakukan 5 Tips Ini Agar Perjalananmu Amanilustrasi jauhkan yang mengganggu konsentrasi (Pexels.com/Avinash Patel)

Namanya melakukan perjalanan jauh sambil liburan bersama orang-orang terkasih merupakan sebuah momen yang sangat dinantikan. Ada candaan, membuka kaca jendela mobil untuk merasakan udara bersih di pegunungan, bahkan sambil berceloteh tentang apa saja. Namun, tetap saling mengingatkan saat liburan road trip agar tidak mengganggu konsentrasi si pengendara agar tetap aman di perjalanan.

4. Navigasi dengan saksama, bisa menggunakan smartphone atau buku peta yang dipegang oleh navigator

Mau Coba Liburan Road Trip, Lakukan 5 Tips Ini Agar Perjalananmu Amanilustrasi navigasi (Pexels.com/Dominika Roseclay)

Biasanya yang menjadi sahabat di perjalanan adalah peta di smartphone atau buku peta. Untuk itu, tetap navigasi dengan saksama lokasi yang dituju bisa dibantu oleh penumpang yang ada di sebelah pengemudi. Pasti seru nih, menyusurinya, apalagi belum pernah mengunjungi daerah yang akan kita tuju.

5. Selalu posisikan cara menyetir yang nyaman agar tetap semangat saat di perjalanan

Mau Coba Liburan Road Trip, Lakukan 5 Tips Ini Agar Perjalananmu Amanilustrasi atur posisi menyetir (Pexels.com/Thirdman)

Dan yang terakhir adalah selalu posisikan cara menyetir yang nyaman agar tetap aman di perjalanan. Posisi duduk serta jarak jangkauan untuk melihat ke jalanan juga harus tetap menjadi perhatian. Hal ini tentunya akan menjadi semangat serta tidak lekas mengantuk saat mengemudikan mobil.

Yuk, rencanakan bersama keluarga tercinta dengan liburan road trip dan susun destinasi mana saja yang akan didatangi serta hitung bujetnya. Selamat berpetualang. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Penyewaan hingga Tur Wisata Sepeda di Jogja   

Renny Fitri Photo Community Writer Renny Fitri

Tinggal di desa, sederhana, dan bahagia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya