Comscore Tracker

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    

Beragam tempat wisata ada di sekitar Pantai Parangtritis

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki beragam destinasi wisata yang dapat dijadikan pilihan sebagai tempat berlibur dan berwisata. Salah satu ikon wisata yang terkenal adalah Pantai Parangtritis. Terletak di Kabupaten Bantul, Parangtritis menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi selama liburan. 

Tak hanya pantai, Bantul juga mempunyai beragam wisata gua, bukit, hingga kuliner yang letaknya tak jauh dari Parangtritis. Penasaran, yuk, simak deretannya di bawah ini!

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Gumuk Pasir Parangkusumo /visitingjogja.com

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu objek wisata primadona. Gumuk pasir ini wisata alam yang terbentuk secara alami akibat embusan angin dari pantai selatan.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada tak jauh dari Pantai Parangtritis yang laris digunakan untuk spot foto. Tak hanya itu saja, di tempat ini kamu bisa melakukan atraksi sandboarding dengan menyewa papan seluncur yang tersedia di sana. Untuk bisa masuk ke wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp5 ribu saja.  

2. Pantai Depok

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    potret Pantai Depok Bantul (Instagram.com/masfaw_)

Destinasi wisata lain yang berada di sekitar Pantai Parangtritis yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Depok. Di pantai ini tersedia pasar ikan hasil tangkapan para nelayan. Jika kamu mencari ikan yang segar, tak salah membeli di pasar ini. 

Tak hanya pasar ikan, di Pantai Depok juga terdapat warung makan seafood yang bisa dinikmati setiap saat.  

 

Baca Juga: Pantai Kuwaru Bantul: Lokasi, Tips dan Keunikannya  

3. Pantai Cemara Sewu

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Pantai Cemara Sewu Jogja (Instagram.com/rrasdwi_)

Pantai Cemara Sewu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi saat kamu berada di sekitar Pantai Parangtritis. Pantai Cemara Sewu memiliki pemandangan alam yang eksotis dengan pasir pantai hitam yang dipenuhi dengan pohon cemara hijau yang menyegarkan mata.

Di pintu masuk pantai ini, terdapat deretan pemandangan pohon cemara yang tumbuh indah. Biasanya di tempat ini digunakan untuk spot foto. Selain itu kamu bisa mendirikan tenda dan melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya.

4. Bukit Paralayang Watugupit

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Bukit Paralayang Watugupit (Instagram.com/exploregunungkidul)

Jika kamu bosan dengan objek wisata air, tak perlu khawatir. Di sekitar Parangtritis terdapat destinasi wisata yang bernama Bukit Paralayang Watugupit. Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu perlu membayar Rp10 ribu.

Bukit paralayang ini menyuguhkan pemandangan indah dari pantai selatan yang bisa kamu saksikan dari atas bukit. Jarak Bukit Paralayang Watugupit ini hanya berkisar 2 km dari Pantai Parangtritis, namun untuk sampai di sini memakan waktu karena memiliki medan yang menanjak dan curam sehingga kamu harus berhati-hati saat berkendara.

Baca Juga: Langit Sore Pantai Samas Dipenuhi Layang-layang Kepala Naga  

5. Pantai Samas

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Nelayan Pantai Samas mendarat di pantai usai menjaring di laut.(IDN Times/Daruwaskita)

Parangtritis merupakan pantai yang berada di sepanjang pantai di wilayah paling Selatan Daerah istimewa Yogyakarta (DIY). Di sini terdapat banyak pantai yang menjadi tempat tujuan para wisatawan, salah satunya Pantai Samas

Sebelum masuk di area Pantai Samas, kamu akan melewati kebun bunga matahari yang dibuat oleh warga setempat. Kebun memiliki pemandangan indah yang menjadi daya tarik dari pantai ini.

Taman bunga ini memiliki ditata rapi sehingga cocok untuk dijadikan spot berfoto. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, kamu perlu membayar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu saja.

6. Gua Langse

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Gua Langse (Instagram.com/indoflashlight)

Destinasi lainnya adalah Gua Langse. Gua ini berada di tepian tebing yang letaknya menghadap ke Samudra Hindia. Hal ini membuat Gua Langse memiliki aura magis kental yang membuat wisatawan penasaran.

Gua ini dapat menjadi alternatif tempat wisata jika kamu bosan dengan wisata pantai. Gua Langse bisa diakses dengan mengambil jalan yang mengarah ke Wonosari. Jika tertarik, kamu hanya perlu mengisi buku tamu dan kotak donasi yang diletakkan di pintu masuk.

7. Gua Jepang

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Gua Jepang (Instagram.com/suyem_16)

Selain Gua Langse, objek wisata lainnya adalah Gua Jepang. Gua ini dulunya digunakan para tentara untuk mengawasi gerakan lawan di Pantai Parangtritis dari atas bukit. Di kompleks ini terdapat beberapa gua buatan tentara Jepang.

Beberapa gua di sini ada yang diberi nomor 1 hingga 18, sementara pemandangan indah ke arah Pantai Parangtritis bisa dinikmati di gua nomor 10. Keindahan yang ada di tempat ini banyak digunakan sebagai tempat foto para wisatawan yang datang. Untuk menikmati objek wisata ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

8. Pantai Kuwaru

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Pantai Kuwaru (Instagram.com/satlinmasrescue_04)

Pantai Kuwaru juga merupakan destinasi wisata yang masih berada di sekita Pantai Parangtritis. Sama seperti halnya pantai yang ada di Laut Selatan, Kuwaru mempunyai pasir hitam dengan pemandangan eksotis air laut yang menyegarkan.

Pantai ini juga menyediakan berbagai penyewaan dan fasilitas seperti trail dan jip, dan beberapa wahana bermain serta kuliner. 

Baca Juga: Keseringan di Gumuk Pasir, Zaskia Mecca Jago Sandboarding   

9. Wisata kuliner di sekitar pantai

9 Destinasi Wisata Sekitar Pantai Parangtritis, Ada Taman dan Gua    Wisata kuliner di sekitar Pantai Parangtritis (Instagram.com/risma_streetfood

Destinasi wisata lain yang wajib untuk dicoba saat berada di sekitar Pantai Parangtritis adalah berburu kuliner di sekitar pantai. Rasanya kurang jika pergi ke pantai tidak menikmati kuliner setempat dan seafood yang segar dan menggiurkan.

Di sekitar Pantai Parangtritis, kamu akan menjumpai deretan warung yang menjual aneka menu makanan olahan dari ikan yang masih segar. Di sini kamu juga bisa mencicipi berbagai masakannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Untuk mencoba semua tempat wisata ini, tidak mungkin dilakukan dalam satu hari. Di tiap objek wisata, kamu pasti ingin menikmatinya semua keindahannya. Wisata mana akan kamu pilih?     

Alicianoo Photo Community Writer Alicianoo

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya