Comscore Tracker

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! 

Di Srikeminut terdapat sungai, sawah dan bukit, komplet!

Wisata Sriharjo Kedungmiri Wunut atau disebut Srikeminut merupakan salah satu destinasi tempat liburan seru terdapat di Kabupaten Bantul. Objek wisata ini cocok untuk kamu yang tidak suka dengan suasana keramaian. 

Desa Wisata Srikeminut berada di wilayah Imogiri paling Timur, yaitu di Desa Kedungmiri Wunut. Daya tarik dari tempat ini adalah letaknya yang dikelilingi perbukitan hijau dan dilintasi Sungai Oya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik antara lain main di sungai hingga bersepeda. Yuk simak beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Srikeminut!

1. Bermain di terasering Bukit Sriharjo

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! Desa Wisata Srikeminut (instagram.com/wisatasrikeminut)

Desa memiliki tiga titik wisata yang menarik di antaranya Bukit Sriharjo yang berupa terasering area sepeda air dan padusan Banyu Bening. Di setiap lokasi wisata tersebut pengunjung bisa menikmati suasana indah persawahan hijau dan berfoto di tempat bertuliskan “Sriharjo” yang dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Selain pemandangan yang indah, jika beruntung kamu bisa menyaksikan pertunjukan gejog lesung di area terasering. Gejog lesung adalah pertunjukan seni musik yang menggunakan alat penumbuk padi tradisional sebagai instrumen musiknya.

2. Bermain air di Sungai Oya

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! Destinasi wisata Srikeminut terdampak pembangynan destinasi wisata di Selopamioro.gramho.com

Selain bermain di terasering, terdapat Sungai Oya yang bisa kamu jadikan tempat bermain air atau sekedar berfoto. Selain itu, kamu bisa naik perahu dan menggelar tikar untuk piknik bersama di tepi sungai.

Kamu juga bisa menelusuri alam sekitar seperti melakukan tracking ke puncak Watu Manjung dan Air Terjun Watu Lawang!

Baca Juga: Pantai Kuwaru Bantul: Lokasi, Tips dan Keunikannya  

3. Berkemah di pinggiran sungai

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! Desa Wisata Srikeminut (instagram.com/wisatabantuljogja)

Mendirikan tenda dan berkemah di tempat ini bisa kamu lakukan di sekitar sungai dan perbukitan. Berkemah di tempat ini akan menjadi hal menarik dan berkesan untuk liburanmu. Selain menikmati hawa segar, angin semilir di malam dan pagi akan membuatmu semakin mencintai alam. 

4. Berburu spot foto menarik

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! Desa Wisata Srikeminut (instagram.com/wisatasrikeminut)

Aktivitas yang satu ini tentu tak boleh dilewatkan saat berada di tempat wisata, tak terkecuali saat di Desa Wisata Srikeminut yang memiliki beragam tempat menarik. Beberapa spot foto yang instagenic bakal kamu dapatkan di sini.

Beberapa spot menarik di antaranya adalah area terasering, sungai, jembatan, perbukitan hijau, maupun saat matahari tenggelam. 

5. Berkeliling dengan bersepeda santai

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! Desa Wisata Srikeminut (instagram.com/yudd_07)

Desa Wisata Srikeminut menjadi salah satu objek wisata yang sering digunakan untuk kegiatan bersepeda para pengunjung dan komunitas pesepeda yang setiap minggunya memenuhi lokasi ini.

Jangan khawatir jika kamu tidak membawa sepeda, pengelola wisata telah menyediakan tempat penyewaan bagi para pengunjung untuk berkeliling desa. 

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bantul, Mau Mencoba? 

6. Wisata kuliner di tepi sungai

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! Desa Wisata Srikeminut (instagram.com/explore.bantul)

Aktivitas seru dan menarik lainnya yang bisa dilakukan saat berwisata ke tempat ini adalah mencoba kuliner dengan suasana asri di tepi Sungai Oya. Kamu bisa memesan makanan sembari menikmati pemandangan yang menarik. 

Kamu akan mendapatkan pengalaman berbeda saat mencicipi makanan, karena beberepa tempat makan justru diletakkan di tepi sungai. 

7. Menyaksikan sunset 

7 Aktivitas Seru Desa Wisata Srikeminut Bantul, Main Air Sepuasnya! Desa Wisata Srikeminut (Instagram.com/wisatasrikeminut)

Saat memasuki desa wisata ini kamu seakan memasuki dunia lain. Pesona tempat ini bakal menarikmu untuk menikmati keindahan khas pedesaan yang menjauhkanmu dari perkotaan. Sayang sekali jika kamu melewatkan tempat ini. 

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya