Comscore Tracker

6 Pesona Pantai Sanglen, Hidden Gem di Gunungkidul

Di Pantai Sanglen, banyak aktivitas menyenangkan

Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah wisata pantai yang sangat memukau, namun beberapa di antaranya belum terlalu populer dan masih sepi pengunjung, salah satunya adalah Pantai Sanglen.

Pantai Sanglen merupakan salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul yang letaknya berada di Dusun Kelor, Desa Kemadang yang ada di Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini masih sangat asri dengan berbagai pesona dan daya tariknya. Penasaran? Berikut beberapa informasi terkait Pantai Sanglen yang bisa kamu jadikan pedoman untuk liburanmu. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Air laut yang berwarna hijau kebiruan

6 Pesona Pantai Sanglen, Hidden Gem di GunungkidulPantai Sanglen Gunungkidul (Instagram.com/fajar_hari17)

Pantai Sanglen masih asri dan bisa dibilang sebagai pantai pribadi karena belum banyak didatangi oleh pengunjung. Salah satu pesona dan daya tarik pantai ini yang sayang untuk dilewatkan adalah pasir putih yang cantik dengan perpaduan air laut yang berwarna hijau kebiruan.

Pemandangan air laut seperti ini tentu tidak ada di setiap pantai bukan? Oleh karena itu, hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan datang dan berlibur di sini.

2. Mempunyai tebing disekitar pantai yang indah

6 Pesona Pantai Sanglen, Hidden Gem di GunungkidulPantai Sanglen Gunungkidul (Instagram.com/olen_smith)

Pesona lain dari Pantai Sanglen yaitu terdapat tebing dan batu-batuan karang yang memukau di sekitar pantai. Tebing dan batuan karang ini menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto maupun melihat air laut dari atas tebing.

Tebing dan batuan tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatawan saat datang ke pantai ini. Pemandangan dari atas tebing ini juga tak kalah apik, karena disuguhkan dengan pesona air laut yang hijau kebiruan dengan udara segar.

Baca Juga: Pantai Sanglen Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan

3. Area camping favorit pengunjung

6 Pesona Pantai Sanglen, Hidden Gem di GunungkidulPantai Sanglen Gunungkidul (Instagram.com/yotamcchristm)

Saru lagi daya tarik dari Pantai Sanglen adalah area camping yang menjadi favorit wisatawan untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini. Berkemah di pantai merupakan kegiatan yang menyenangkan, kamu tiduran di atas hamparan pasir sembari menikmati ombak dan angin laut.

Selain di area camping, kamu bisa mendirikan tenda dekat pohon yang rindang sambil membuat hammock yang dikaitkan di antara pohon yang tumbuh di pantai. Banyak pengunjung yang memutuskan berkemah untuk melihat sunrise dan sunset di tepi pantai yang tentunya sangan memesona.

4. Memiliki pasir putih dan banyak pepohonan hijau

6 Pesona Pantai Sanglen, Hidden Gem di GunungkidulPantai Sanglen Gunungkidul (Instagram.com/indahthall)

Seperti halnya pantai di Gunungkidul. pantai ini memiliki air laut yang bersih dengan pasir putih yang indah. Hamparan pasir putihnya menghiasi sepanjang bibir pantai. Kamu bisa berjalan-jalan di tepi pantai sembari memandang deburan ombak yang begitu cantik.

Di sekitar pantai juga terdapat bukit dengan hiasan pepohonan yang rindang yang berwarna hijau yang akan menyegarkan mata. Selain di kelilingi pepohonan yang masih rindang, Pantai Sanglen juga diapit oleh dua bukit yang cukup tinggi yang sering dijadikan latar belakang untuk berfoto wisatawan.

Baca Juga: Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburan

5. Tempat untuk memancing

6 Pesona Pantai Sanglen, Hidden Gem di GunungkidulPantai Sanglen Gunungkidul (Instagram.com/safirrahw)

Pantai Sanglen menjadi salah satu tempat yang cocok untuk memancing. Tempat ini memiliki jenis ikan yang banyak di perairannya. Ikan yang banyak tersebut bisa jadi hasil dari air laut yang masih terjaga kebersihannya sehingga nampak jernih.

Di sini, kamu bisa memancing di pinggiran pantai dengan santai sambil membawa alat pancing sendiri dari rumah. Namun dikarenakan gelombang yang cukup tinggi. kamu harus tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas yang menjadi daya tarik wisatawan ini.

6. Spot foto yang menarik

6 Pesona Pantai Sanglen, Hidden Gem di GunungkidulPantai Sanglen Gunungkidul (Instagram.com/nofa_rohmalia)

Pantai Sanglen memiliki banyak spot foto yang bisa digunakan wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Pertama, ada bangunan gubuk tua yang terlihat indah di tepi pantai. Di sekitarnya terdapat bukit-bukit yang tinggi dan pepohonan rindang. Dari tempat ini kamu bisa melihat pemandangan laut yang indah sambil berfoto dengan latar belakang bukit dan pantai.

Selain gubug tua, terdapat spot foto lain yang menjadi daya tarik dari pantai ini, yaitu spot foto bukit yang berupa karang mengapit. Kamu bisa berfoto dan mengabadikan momen dengan pemandangan yang sangat cantik. Hal tersebut disebabkan latar belakangnya yaitu panorama Pantai Sanglen yang luas akan nampak secara jelas di kamera. 

Walaupun masih sepi pengunjung, pantai ini tetap memiliki pesona dan daya tarik yang tak kalah apik dari pantai lain yang ada di Gunungkidul. Kamu bisa berlibur dengan tenang bersama keluarga dan teman-temanmu sembari melakukan aktivitas menyenangkan di sini. Bagaimana, kamu tertarik untuk berlibur di Pantai Sanglen?

 

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya