Profil Jonathan Bustos, Kreator Serangan Baru PSS Sleman

Bisakah ia jadi jawaban melempemnya lini tengah Super Elja?

Teka-teki ke mana Jonathan Bustos akan bermain musim depan akhirnya terjawab. Gelandang asal Argentina itu akhirnya resmi berseragam PSS Sleman untuk mengarungi Liga 1 2023/2024. 

Sebelumnya, pemain berusia 28 tahun itu santer dikabarkan bakal bergabung dengan tim ibukota, Persija Jakarta. Kedatangan mantan bintang Borneo FC ke skuad Super Elja tentu akan memberi warna baru bagi lini tengah tim yang memang tampil kurang impresif musim lalu.

Lantas, bagaimana kiprah Jonathan Bustos selama merumput di lapangan hijau? Berikut adalah profil berpostur 174 cm tersebut.

1. Perjalanan karier

Profil Jonathan Bustos, Kreator Serangan Baru PSS SlemanJonathan Bustos (twitter.com/Indostransfer)

Pemain bernama lengkap Jonathan Ezequiel Bustos itu bukanlah sosok asing di dunia sepakbola Indonesia. Total pemain kelahiran Buenos Aires, 29 Juni 1994 itu, sudah hampir tiga musim tampil di Liga 1 bersama Pesut Etam.

Jonathan Bustos, mengawali karier profesionalnya dengan membela klub divisi kedua Liga Argentina, Huracan, dari tahun 2014-2015. Setelahnya ia pindah ke sesama klub divisi dua Liga Argentina, Platense, selama satu musim. Ia lalu hijrah ke Yunani pada tahun 2019 dengan membela AE Larisa, kemudian pindah ke Siprus untuk bermain bersama FCB Melgar pada tahun 2021.

2. Menjalani karier terbaiknya bersama Borneo FC

Profil Jonathan Bustos, Kreator Serangan Baru PSS SlemanJonathan Bustos (instagram.com/jonathanezequielbustos94)

Perjalanan karier Bustos dari Argentina, Yunani hingga Siprus ternyata tidak semulus apa yang dibayangkan. Dilansir dari situs transfermarkt.com, ia total hanya bermain di 51 laga dan hanya mencetak 2 gol.

Keputusannya bergabung dengan Borneo FC tahun 2021 silam adalah keputusan yang tepat. Pasalnya, pemain yang memakai nomor punggung 10 itu menjadi sosok yang tidak tergantikan di sektor tengah Pesut Etam.

Bersama klub kebanggaan warga Samarinda itu, Total Bustos telah menjalani 64 laga dan membukukan 11 gol dan 16 umpan gol. Dan di musim terakhirnya bersama Borneo FC ia berhasil membawa timnya finish di empat besar klasemen akhir Liga 1 2022/2023.

Baca Juga: Profil Kei Sano, Gelandang Serang Baru PSS Sleman Asal Jepang

3. Memiliki atribut lengkap sebagai seorang gelandang

Profil Jonathan Bustos, Kreator Serangan Baru PSS SlemanJonathan Bustos (instagram.com/jonathanezequielbustos94)

Sebagai pemain nomor 10, Jonathan Bustos memang dikenal memiliki atribut yang lengkap. Ia adalah tipikal gelandang kreatif yang punya visi bermain dan umpan-umpan yang akurat.

Selain itu, pemain berkaki kidal itu juga punya insting gol yang tajam. Terbukti di musim terakhirnya bersama Borneo FC ia berhasil mengemas 5 gol dan menyumbang 8 umpan gol. 

4. Diharapkan bisa membawa PSS Sleman melaju kencang di musim mendatang

Profil Jonathan Bustos, Kreator Serangan Baru PSS Slemanilustrasi Jonathan Bustos dan Esteban Vizcarra (pssleman.id)

Jonathan Bustos datang ke Bumi Sembada, Sleman bersamaan dengan gelandang gaek yang sudah malang melintang di sepakbola Indonesia, Esteban Viscarra. Duo pemain berdarah Amerika Latin itu, diharapkan bisa memberi warna baru di lini tengah dan bisa membawa PSS Sleman melaju kencang di Liga 1 musim mendatang.

Dengan pengalaman yang sudah cukup lama bermain di Liga Indonesia, tentu Jonathan Bustos tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi. Selain itu, ia juga terbukti mampu tampil konsisten selama dua musim terakhir.

Lantas akankah Jonathan Bustos bisa membawa Super Elja terbang tinggi di Liga 1 2023/2024? 

Baca Juga: Tak Main-main, PSS Belanja 4 Pemain Asing 

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya