YIA Diprediksi Layani 260 Ribu Penumpang Selama Libur Lebaran

Masih ada peluang untuk penambahan jadwal penerbangan

Intinya Sih...

  • Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) diprediksi melayani 260 ribu penumpang selama libur Lebaran 2024.
  • Jumlah pengguna angkutan pesawat diperkirakan sekitar 14-15 ribu penumpang per hari, dengan Jakarta sebagai tujuan keberangkatan paling dominan.
  • Maskapai masih diberikan keleluasaan untuk menambah jadwal penerbangan karena ketersediaan ruang udara masih sangat cukup.

Kulon Progo, IDN Times - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo diprediksi bakal melayani sebanyak 260 ribu penumpang lebih sepanjang momen libur Lebaran 2024.

"Prediksi tahun ini total penumpang akan 262.767 orang," kata Manajer Umum PT Angkasa Pura I YIA, Ruly Artha, Selasa (2/4/2024).

1. Puncak keberangkatan dan kepulangan

YIA Diprediksi Layani 260 Ribu Penumpang Selama Libur LebaranAktivitas Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta. (IDN Times/Herka Yanis)

Menurut Ruly, selama pengoperasionalan Posko Lebaran sepanjang 3-18 April 2024, jumlah pengguna angkutan pesawat melalui YIA diperkirakan sekitar 14-15 ribu penumpang per hari dengan Jakarta sebagai tujuan keberangkatan paling dominan.

"Untuk kondisi saat ini masih terlihat landai, di mana rencana penumpang hari ini ada sekitar 10 ribu orang. Pergerakan pesawat masih pada 80 pergerakan dan nanti akan ada extra flight," ujarnya. 

Ruly berujar, angka layanan tertinggi keberangkatan diperkirakan akan terjadi pada H-4 Lebaran dan H+4 April untuk arus baliknya.

"Hari tertinggi keberangkatan berlangsung pada 6 April, untuk kembalinya (arus balik) itu diprediksi pada 15 April," tambahnya.

2. Optimalkan operasional bandara

YIA Diprediksi Layani 260 Ribu Penumpang Selama Libur LebaranAktivitas Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta. (IDN Times/Herka Yanis)

Ruly melanjutkan, sekarang ini terhitung total ada sebanyak 372 pergerakan pesawat. Baik untuk penerbangan dari maupun tujuan YIA.

Sementara untuk jam operasional YIA untuk saat ini masih hingga pukul 21.00 WIB. Akan tetapi durasi operasional bandara bisa saja diperpanjang nantinya tergantung situasi.

"Tidak menutup kemungkinan jika airline menginginkan untuk mereka landing setelah jam 21 itu masih kami berikan untuk mereka melakukannya. Ada juga rencana dari beberapa airline akan mengganti pesawat narrow jadi wide body, tapi mereka masih menunggu secara operasionalnya," kata Ruly.

Manajer Umum Airnav Indonesia Yogyakarta, Zainal Arifin, menambahkan otoritas YIA memang sudah menyiapkan seluruh fasilitas, prosedur, dan personel dalam mendukung pelaksanaan kegiatan mudik dan arus balik Lebaran 2024 Sejumlah instansi terkait, macam BMKG, turut dilibatkan pada jalannya operasional bandara. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG untuk pelayanan di YIA, mudah-mudahan tidak terjadi cuaca buruk sehingga penerbangan tidak terganggu," ujar Zainal. 

Baca Juga: Penggunaan Alat Berat Proyek Tol Jogja-Solo Disetop Demi Pemudik

3. Tambah slot penerbangan

YIA Diprediksi Layani 260 Ribu Penumpang Selama Libur LebaranAktivitas Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta. (IDN Times/Herka Yanis)

Zainal menuturkan, maskapai sejauh ini juga masih diberikan keleluasaan untuk menambah jadwal penerbangan. Ia menyebut ketersediaan ruang udara masih sangat cukup untuk penambahan layanan dari maupun tujuan YIA, karena dari 300 slot penerbangan di YIA saat ini baru terisi sebanyak 112 di antaranya.  

"Pergerakan per hari paling banyak di sini 80, baik kedatangan maupun keberangkatan. Tapi data per kemarin ada 75 pergerakan. Mudah-mudahan di dalam informasi yang kami terima beberapa airline telah mengajukan extra flight, kemungkinan akan ada penambahan 12 pergerakan per harinya," pungkasnya.  

Baca Juga: Dishub DIY: Puluhan Bus Dilarang Angkut Pemudik Lebaran 2024

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya