Penggunaan Alat Berat Proyek Tol Jogja-Solo Disetop Demi Pemudik

Pekerja diliburkan hingga 15 April

Sleman, IDN Times - Mobilisasi alat berat yang dipakai untuk proyek pembangunan Tol Yogyakarta-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman akan disetop sementara guna kelancaran mudik Lebaran.

Humas PT. Adhi Karya penggarap proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto menuturkan, mobilisasi kendaraan berat di luar lokasi proyek, atau memakai jalan umum akan dihentikan mulai 5 April sampai 15 April 2024.

"Iya (disetop), maksudnya yang masuk ke jalan, menggunakan fasilitas jalan umum ya. Tapi kalau yang di area main proyek kan tertutup area proyek, jadi alat berat tetap di situ dan tetap bisa beroperasi," kata Agung, Selasa (2/4/2024).

1. Bersih dari lalu lalang truk besar di jalan umum

Penggunaan Alat Berat Proyek Tol Jogja-Solo Disetop Demi PemudikTol Solo-Yogyakarta (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Agung menjelaskan, pengerjaan proyek tol ini membutuhkan cukup banyak kendaraan berat. Dari segi fungsi, mobilisasi alat berat yang memakai fasilitas jalan umum untuk keperluan proyek tol menggunakan jenis yang beragam.

Di samping truk pengangkut material timbunan atau urug, terdapat truk mixer pengangkut adukan beton untuk pengecoran. "Yang paling banyak yang membawa material timbunan (seperti) truk tronton itu, kemudian truk mixer untuk pengecoran blok culvert," kata Agung.

Ada pula truk pengangkut material besi proyek yang menggunakan fasilitas jalan umum. "Kalau alat berat, besi kita produksi di Jombor di dekat atrium terus dibawa ke lokasi, tapi kan sekarang sudah produksi juga di Tirtoadi di dalam proyek jadi tidak perlu (dikirim), jadi kalau besi sudah tidak ada mobilisasi," jelas dia.

2. Kendaraan berat di dalam area proyek masih beroperasi

Penggunaan Alat Berat Proyek Tol Jogja-Solo Disetop Demi PemudikPembangunan proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen. (Dok. PT JJB)

Agung melanjutkan, untuk alat-alat berat yang ditempatkan di dalam lokasi proyek tol kemungkinan masih beroperasi lebih lama. Penggunaan alat berat di dalam lahan-lahan yang sudah bebas, tidak bersinggungan dengan jalan umum. Melainkan hanya bergerak di area proyek.

"Alat berat kalau kita yang di lokasi kan enggak berhenti, kan tidak keluar, yang berhenti itu yang menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah itu angkutan-angkutan besarnya, timbunan," ujarnya. 

Baca Juga: Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Kelar 2025

3. Para pekerja diliburkan, kecuali petugas piket

Penggunaan Alat Berat Proyek Tol Jogja-Solo Disetop Demi PemudikPembangunan proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen. (Dok. PT JJB)

Tak hanya mobilisasi kendaraan berat yang disetop sementara, kata Agung, para pekerja di area proyek akan diliburkan lebih dari sepekan untuk menghormarti perayaan hari besar keagamaan. "Dihentikan tanggal 7 April sampai 15 April," kata Agung. 

Sementara tetap disiagakan petugas piket untuk menjaga area proyek, hhususnya menjaga alat berat dan material di lokasi penggarapan Tol Jogja-Solo. 

"Tetap ada yang piket jaga, tapi pekerjaan kita tetap menghormati yang Lebaran, kita libur. Jaga ada piket, kan ada alat berat dan material-material di situ, kemudian harus dijaga keamanan area proyeknya itu," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Prediksi Ada 3 Fase Puncak Arus Lalu LIntas di DIY saat Lebaran

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya