5 Partai di Sleman Jagokan Harda Kiswaya di Pilkada 2024

Masih buka peluang bagi parpol lain gabung usung Harda

Sleman, IDN Times - Sebanyak lima partai politik (parpol) di Kabupaten Sleman, membentuk koalisi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, yaitu Gerindra, Golkar, PKS, PPP dan NasDem.

Pembentukan Koalisi Sleman Bersatu (KSB) secara resmi dideklarasikan di Kantor DPD Golkar Sleman pada Kamis (18/7/2024). Koalisi mengumumkan mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya sebagai sosok bakal calon bupati Sleman yang diusung.

"Kami lima partai sepakat mengusung Pak Harda Kiswaya," kata Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana, Kamis (18/7/2024).

 

 

1. Ini alasan parpol dukung Harda Kiswaya

5 Partai di Sleman Jagokan Harda Kiswaya di Pilkada 2024Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Latar belakang KSB mengusung Harda adalah rekam jejak atau pengalamannya selama berada di pemerintahan. Harda yang baru pensiun dari ASN awal tahun ini dianggap memahami dinamika masyarakat di Sleman.

"Alasan yang sangat mendasar karena Pak Harda Kiswaya, adalah putra daerah asli kelahiran Sleman. Ini yang menjadi kami lima partai ini, bahkan ada yang gabung dari Partai Ummat, ingin Sleman itu tidak ngene-ngene wae seperti slogan kami," ujar Sukaptana. 

2. Belum tutup pintu, persilakan parpol lain merapat

5 Partai di Sleman Jagokan Harda Kiswaya di Pilkada 2024Koalisi Sleman Bersatu usung Harda Kiswaya di Pilkada Sleman 2024. (IDN Times/Tunggul)

Sukaptana mengatakan, kelima parpol membentuk koalisi lantaran kekurangan perolehan kursi sehingga tak mampu mengusung calonnya sendiri. Ia memastikan KSB masih membuka peluang bagi parpol lain untuk bergabung ke dalam koalisi dan mengusung Harda Kiswaya di Pilkada 2024.

"Tadi sudah saya utarakan KSB masih membuka ruang untuk partai manapun untuk bergabung dengan KSB. entah itu PAN, PKB, atau PDIP," pungkasnya.

Baca Juga: Kejati DIY Tangkap DPO Penipuan Sertifikat Tanah di Sleman

3. Komitmen Harda bangun Sleman

5 Partai di Sleman Jagokan Harda Kiswaya di Pilkada 2024Mantan Sekda Sleman Harda Kiswaya. (IDN Times/Siti Umaiyah)

KSB juga memberikan surat tugas Harda Kiswaya untuk maju sebagai bakal calon bupati Sleman. Surat rekomendasi belum diberikan lantaran belum disebut pendamping calon wakil bupati.

Harda mengaku mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepadanya melalui surat tugas yang diberikan. "Ini tahapan yang harus dilalui sebelum nantinya koalisi menentukan bacawabup pendamping dan maju bersama. Saya juga harus memperkenalkan diri pada seluruh warga dengan masif, nama saya dikenal dengan itu harapan saya bisa terpilih," imbuh Harda.

Ia membeberkan alasan dirinya mau maju pilkada karena terinspirasi sosok ayah yang dulunya adalah jogoboyo dan terus mengabdi kepada masyarakat menjadi lurah.

Jalan hidup sang ayah mengilhaminya untuk hidup bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Bumi Sembada. Harda mengaku telah menyiapkan berbagai program jika bisa mengabdi sebagai kepala daerah.

"Sisa hidup saya akan saya gunakan untuk itu sehingga saya maju Sleman Satu bisa membimbing kebijakan yang menyejahterakan masyarakat. Pengin Sleman adem, ayem tenteram untuk siapapun itu. Semua golongan harus damai di Sleman. Kalau itu berjalan, proses pembangunan pasti akan berjalan dengan baik," pungkas Harda.

Baca Juga: 10 Pemain Baru PSS Sleman 2024/2025, Banyak dari Brasil

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya