Comscore Tracker

Tiap Hari, Genose Deteksi 3–4 Calon Penumpang Terindikasi Positif

Sehari layani 700–1.000 calon penumpang

Yogyakarta, IDN Times - Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto menyebut setidaknya ada 3-4 calon penumpang per hari yang terindikasi terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes GeNose C19 di Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Ya ada sih, sehari rata-rata tiga atau empat. Biasanya kalau hari Minggu agak banyak. Kalau hari-hari biasa (gak terlalu). Kamis kemarin nol. Minggu kan orang-orang mau balik itu biasanya ada lah. Tiga, lima orang," katanya di Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Rumah Sakit di Jogja Akan Gunakan GeNose, Tarif Sesuaikan Lokasi

1. Disarankan ke fasyankes

Tiap Hari, Genose Deteksi 3–4 Calon Penumpang Terindikasi PositifStasiun Tugu Yogyakarta resmi menggunakan GeNose C19 untuk skrining COVID-19 para calon penumpang KA jarak jauh, Jumat (5/2/2021). IDN Times/Tunggul Damarjati

Supriyanto melanjutkan, mereka yang terindikasi terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes GeNose maka tak diperkenankan melakukan perjalanan kereta api jarak jauh. Tiket akan dikembalikan seratus persen kepada calon penumpang.

"Kita sarankan pemeriksaan lebih lanjut, fasilitas kesehatan yang di atasnya. Karena di sini hanya deteksi, bukan memastikan bahwa itu sudah dalam kondisi (terpapar COVID-19)," jelasnya.

2. Per hari 700 peminat

Tiap Hari, Genose Deteksi 3–4 Calon Penumpang Terindikasi PositifIDN Times/Tunggul Damarjati

Semenjak resmi digunakan di Stasiun Tugu 5 Februari lalu, antusiasme calon penumpang terhadap tes GeNose cukup tinggi. Di hari biasa bisa setidaknya ada 700 orang yang ikut pemeriksaan menggunakan alat deteksi ciptaan para peneliti UGM ini.

"Sabtu Minggu sekitar 900 sampai 1.000 (orang)," bebernya.

Saat momen libur panjang Imlek ini terpantau adanya antrean cukup panjang pada tes GeNose ini. Supriyanto menyebut di pengujung momen libur Imlek ini hingga pukul 12.00 siang tadi sudah ada 1.300 orang yang mendaftar.

Supriyanto menilai peningkatan terkait adanya Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi COVID-19 yang dikeluarkan Satgas Penanganan COVID-19.

SE itu memiliki kebijakan khusus yang mengatur pelaku perjalanan jarak jauh darat dan menggunakan moda kereta api dan kendaraan pribadi selama libur panjang atau libur keagamaan. Yakni, wajib melakukan swab PCR, antigen, maupun tes GeNose C19 dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

"Hari biasa kan 3x24 jam, mungkin karena itu (kebijakan khusus) mereka mendadak. Jam 12 tadi sudah 1.100 yang dilayani," urainya.

3. Sinkronisasi data ticketing

Tiap Hari, Genose Deteksi 3–4 Calon Penumpang Terindikasi PositifIDN Times/Tunggul Damarjati

Dikatakan Supriyanto, saat ini pihaknya tengah akan memulai sinkronisasi data ticketing calon penumpang dengan hasil tes GeNose C19 masing-masing.

"Jadi hasilnya nanti gak perlu cetak dan lain sebagainya. Ini kita masih lagi proses," tandas Supriyanto.

Baca Juga: Mulai Soft Lauching, Stasiun Tugu Yogyakarta Operasikan 5 Unit GeNose

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya