Pelaku Penembakan Puskesmas Depok I Sleman Dibekuk

Ada 5 orang yang ditangkap polisi

Sleman, IDN Times - Kepolisian telah berhasil meringkus para pelaku yang diduga terlibat dalam aksi perusakan Puskesmas Depok I, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Perusakan, dugaannya dilakukan dengan cara melepaskan tembakan menggunakan peluru gotri ke arah bangunan puskesmas.

1. Bekuk 5 pelaku

Pelaku Penembakan Puskesmas Depok I Sleman DibekukIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Kapolresta Sleman, AKBP Yuswanto Ardi, menyebut ada lima orang terduga pelaku yang berhasil diamankan oleh jajarannya.

"Sudah semua (pelaku ditangkap). Insyaallah tuntas," kata Ardi melalui pesan WhatsApp, Senin (15/5/2023).

Namun demikian, Ardi belum merinci soal kronologi penangkapan beserta motif dari para pelaku dalam melakukan aksinya itu.

2. Temukan 9 gotri

Pelaku Penembakan Puskesmas Depok I Sleman DibekukPuskesmas Depok Sleman jadi sasaran tembak (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Diberitakan sebelumnya, Puskesmas Depok I, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY diduga ditembaki oleh orang tak dikenal. Akibatnya, 4 kaca jendela milik bangunan tersebut berlubang.

Penjaga atau satpam puskesmas menyebut tak ada korban dari peristiwa yang diduga terjadi pada Kamis (11/5/2023) malam ini.

Adapun kepolisian berhasil menemukan total sebanyak 9 buah gotri berdasarkan hasil olah TKP. Lokasinya, di sekitaran jendela bangunan, dekat kusen, dan sekitar pagar depan puskesmas.

Dari lokasi temuan itu pula, pihaknya menduga gotri-gotri tersebut dilontarkan dari tiga titik berbeda.

"Ada sembilan perkenaan (gotri) yang diduga dilepaskan dari tiga titik. Satu titik dia (pelaku) melepaskan beberapa gotri, bergeser ke titik lain melepaskan beberapa gotri dan geser titik lain melepaskan gotri lagi," kata Kapolresta Sleman, AKBP Yuswanto Ardi, saat dihubungi, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Di Dusun Bayeman Sleman, Unggas Berkeliaran Sah Jadi Milik Orang Lain

3. Arah pergerakan pelaku

Pelaku Penembakan Puskesmas Depok I Sleman DibekukIlustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Kata Ardi, kamera pengawas milik puskesmas tak menghadap ke titik yang diduga menjadi lokasi pelaku melontarkan gotri. Sehingga, polisi pun masih mencari unit CCTV lain yang kemungkinan bisa mendukung upaya penyelidikan.

Akan tetapi, dari hasil olah TKP pula polisi memperoleh petunjuk mengenai pergerakan pelaku jika dianalisis dari sudut bekas gotri dan titik terduga pelaku.

"Bisa kita pastikan juga terduga pelaku itu melakukan aksinya bergerak dari arah timur ke barat atau dari arah jalan perkampungan menuju ke ringroad. Itu dari hasil olah TKP karena ada titik perkenaan yang berada di sebuah sudut menurut analisis secara geometri tidak mungkin kalau dia melakukan dari arah barat ke timur," papar Ardi.

Baca Juga: Puskesmas Depok Sleman Jadi Sasaran Tembak, Polisi Temukan 9 Gotri

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya