Libur Imlek, Ratusan Kendaraan Pelat Luar Ditolak Masuk DIY

Ratusan orang juga dites antigen di posko pemeriksaan

Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak 207 kendaraan dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpaksa diputar arah selama operasi penyekatan di wilayah perbatasan pada 12–15 Februari 2021.

Operasi pengawasan perbatasan sepanjang libur panjang Tahun Baru Imlek tersebut dilaksanakan di tiga titik perbatasan. Meliputi, Kecamatan Tempel yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang; Kecamatan Prambanan dengan Kabupaten Klaten; dan Kecamatan Temon dengan Kabupaten Purworejo.

Baca Juga: Tak Bawa Surat Bebas COVID-19, Puluhan Kendaraan Diminta Putar Balik

1. Tak kantongi surat bebas COVID-19

Libur Imlek, Ratusan Kendaraan Pelat Luar Ditolak Masuk DIYIDN Times/Tunggul Damarjati

Kepala Seksi Pengendalian Operasional (DALOP) Lalu Lintas Dinas Perhubungan DIY, Lazuardi, menuturkan, ada 1.202 kendaraan pribadi yang diperiksa dan 379 di antaranya kedapatan melakukan pelanggaran.

Dari jumlah sebanyak itu, ada 207 kendaraan yang pengendara atau penumpangnya tak mengantongi surat keterangan bebas COVID-19. Berupa, hasil negatif rapid antigen, PCR, maupun GeNose C19.

"Kami perintahkan kembali ke daerah asal," jelas Lazuardi dalam keterangannya, Minggu (14/2/2021) malam.

2. Ratusan orang tes antigen di tempat

Libur Imlek, Ratusan Kendaraan Pelat Luar Ditolak Masuk DIYPetugas melakukan swab antigen terhadap pengendara dari luar DIY. IDN Times/Tunggul Damarjati

Lazuardi melanjutkan, selama operasi gabungan ini dari pihak Ditlantas dan Bid Dokkes Polda DIY menyediakan layanan rapid antigen di pos pengawasan.

"Rapid antigen random waktunya, sesuai kesiapan pihak Dokkes Polri," jelas Lazuardi.

Dikatakannya, dari 379 kendaraan yang pengendaranya melanggar ketentuan perjalanan luar daerah selama masa pandemi COVID-19, terdapat 112 orang di antaranya yang bersedia mengikuti tes antigen dari Polda DIY.

Adapun teguran dan pembinaan diberikan kepada 60 orang lantaran kedapatan tak menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 selama berkendara.

"Selain itu kami berikan masker juga," ujarnya.

3. Paling banyak di Prambanan

Libur Imlek, Ratusan Kendaraan Pelat Luar Ditolak Masuk DIYIDN Times/Tunggul Damarjati

Berdasarkan data yang diberikan Dinas Perhubungan DIY, tercatat kendaaraan diputar arah dengan jumlah paling banyak ada di Pos Pengawasan Prambanan. Yakni, sebanyak 132 kendaraan.

"Mungkin karena exit tol di wilayah Boyolali dan Solo," kata Lazuardi.

Sementara kendaraan yang dihalau masuk DIY di Pos Tempel ada 57 unit dan Pos Temon 18 unit.

Lazuardi melanjutkan, seluruh giat penyekatan ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2021. Tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi COVID-19. 

Diakuinya, penyekatan tidak dilaksanakan 24 jam penuh dalam seharinya. Namun dibagi menjadi tiga sif maupun acak.

Rinciannya, Kamis malam hari; Jumat pagi, siang, dan malam; Sabtu-Minggu, acak dua sif.

Baca Juga: Tiap Hari, Genose Deteksi 3–4 Calon Penumpang Terindikasi Positif

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya