5 Bulan Berlalu, Dosen UII Ahmad Munasir Belum Kembali ke Kampus  

Sejak Februari 2023, Ahmad Munasir tak beri kabar ke kampus 

Sleman, IDN Times - Ahmad Munasir Rifai Pratama, dosen informatika Universitas Islam Indonesia (UII) yang sempat dilaporkan hilang kontak sepulang dari Norwegia pada 12 Februari 2023 silam, hingga hari ini belum kembali ke kampus.

Rektor UII Fathul Wahid menyebut Ahmad bahkan sampai sekarang tak memberikan kabar sejak ditemukan berada di Boston, AS, 24 Februari 2023 untuk alasan berobat.

"Belum ada update dari yang terakhir itu," kata Fathul ditemui di UGM, Sleman, Jumat (4/8/2023).

1. Tidak mengajar, kampus selamatkan mahasiswa dan perkuliahan

5 Bulan Berlalu, Dosen UII Ahmad Munasir Belum Kembali ke Kampus  Rektor UII, Fathul Wahid. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut Fathul, UII sudah mengalihkan mata kuliah yang diampu Ahmad ke dosen lain. "Kalau itu sudah enggak ngajar, bimbingan sudah kita pindahkan, mengajar kita pindah, semuanya enggak ada. Kita kan nggak boleh membawa risiko ke mahasiswa," ujar Fathul.

2. Nasib kepegawaian dibahas

5 Bulan Berlalu, Dosen UII Ahmad Munasir Belum Kembali ke Kampus  Universitas Islam Indonesia (UII). (uii.ac.id)

Kampus saat ini kata Fathul, bakal menentukan status kepegawaian Ahmad. Permasalahan terkait Ahmad sudah dibawa ke meja senat dan mulai dibahas sesuai regulasi internal. Namun Fathul enggan membeberkan isi pembahasan.

"Sementara terakhir kemarin kita bawa (ke senat). Senat ada pertimbangan lain kita tunda, kita tunggu nanti senat seperti apa. Senat belum memutuskan kami tidak berani membocorkan nanti dikira melangkahi kewenangan," paparnya.

Baca Juga: Dosen UII Ditemukan, Kesehatan Jadi Alasan Ubah Rute ke Amerika    

3. Kampus tak bisa memaksa

5 Bulan Berlalu, Dosen UII Ahmad Munasir Belum Kembali ke Kampus  Ahmad Munasir Rafie Pratama hilang kontak saat perjalanan pulang dari Norwegia. (Dok. Polda DI Yogyakarta)

Fathul menyayangkan sikap Ahmad Munasir, pasalnya, kampus sudah memberikan waktu kepada Ahmad untuk bisa kembali ke UII.

"Cuma kan kita tidak bisa memaksa orang, kemudian menghargai hak setiap orang. Termasuk juga harus menyelamatkan organisasi mahasiswa, itu lebih penting," tutupnya.

Baca Juga: Polri Menduga Dosen UII Munasir Rafie Sengaja Menghilangkan Diri

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya