Comscore Tracker

UGM Beri Nama Anggrek Merapi, Queen Maxima  

Ratu Belanda lakukan persilangan bunga Anggrek 

Sleman, IDN Times - Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorregueta Cerruti dalam kunjungannya ke Yogyakarta menyempatkan diri mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Rabu (11/3). Di dalam kunjungan tersebut, Ratu Maxima turut membantu persilangan anggrek vanda tricolor, yang merupakan anggrek asli dari Merapi.

1. Proses persilangan anggrek

UGM Beri Nama Anggrek Merapi, Queen Maxima  Endang Semiarti, tim peneliti dari Fakultas Biologi UGM. IDN Times/Siti Umaiyah,

Endang Semiarti, tim peneliti dari Fakultas Biologi UGM, yang turut mendampingi Ratu Maxima menyebutkan, anggrek Vanda Tricolor merupakan anggrek asli Merapi yang memiliki tiga warna, yakni putih, pink serta cokelat.

Sedangkan proses persilangan yang dilakukan oleh Ratu Maxima, yakni memindahkan alat kelamin jantan ke alat kelamin betina dengan menggunakan tusuk gigi.

"Ujung tusuk gigi ditotolkan dulu ke bagian lubangnya ada semacam jeli, ini untuk mengambil alat kelamin jantan dimasukkan ke lubang alat kelamin betina. Di sana banyak sel-sel telurnya," katanya.

Baca Juga: Di Kampung Cyber, Willem dan Maxima Ambil Pesanan Kemeja Batik 

2. Anggrek kebanggaan DIY

UGM Beri Nama Anggrek Merapi, Queen Maxima  Ratu Belanda saat melakukan penyilang anggrek vanda tricolor di UGM. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Endang, setelah proses persilangan dilakukan, maka dalam kurun waktu 3-7 hari tangkai bungai akan menjadi hijau dan muncul biji-biji anggrek. Lalu, dalam kurun waktu 7 bulan, biji tersebut baru bisa dipanen.

Dia menyebutkan, ketika proses persilangan tersebut berhasil, maka dalam satu buah bisa menghasilkan 5 juta biji anggrek.

"Istimewanya tanaman ini punya gen heat shock protein yang sangat berbeda dengan tanaman lain karena dia sangat kuat menahan panas. Merapi itu bolak-balik mengalami erupsi, tapi ini tetap bertahan. Ini jadi kebanggaan kita di DIY," ungkapnya.

3. Akan diberi nama Vanda Tricolor Lindley var. 'Queen Maxima

UGM Beri Nama Anggrek Merapi, Queen Maxima  Anggrek vanda tricolor. IDN Times/Siti Umaiyah

Endang menyebutkan, jika proses persilangan yang dilakukan oleh Ratu Belanda berhasil, maka anggrek yang disilangkan akan diberi nama Vanda Tricolor Lindley var. 'Queen Maxima'. Nama itu diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada sang ratu.

"Nama itu menjadi penghargaan kepada beliau. Doakan ya supaya anggrek ini bisa tumbuh dengan baik, buahnya banyak besar. Nanti akan kami tumbuhkan di Fakultas Biologi sampai agak besar," jelasnya.

Baca Juga: Khawatir Rusak, UGM Berharap Belanda Lakukan Digitalisasi Naskah Kuno 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya