Comscore Tracker

Sempat Bermasalah, Kustini-Danang Daftar Pertama di KPU Sleman

Pemeriksaan berkas Kustini-Danang hingga empat jam

Sleman, IDN Times - Pasangan Calon (Paslon) Kustini Sri Purnomo -Danang Maharsa menjadi paslon pertama yang mendaftarkan diri dalam Pilkada Sleman 2020.
Hanya proses pendaftaran pasangan Kustini dan Danang sempat terkendala karena permasalahan kepengurusan partai pengusung.

1. KPU sempat permasalahkan berkas pendaftaran

Sempat Bermasalah, Kustini-Danang Daftar Pertama di KPU SlemanDanang Maharsa. IDN Times/Siti Umaiyah

Saat melakukan pendaftaran di hari pertama, salah satu berkas pendaftaran Kustini-Danang sempat dipermasalahkan. Akibatnya proses pendaftaran memakan waktu hingga empat jam lamanya. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Danang Maharsa mengungkapkan jika saat ini semua berkas sudah lolos bisa diterima oleh KPU Sleman.

"Ada sedikit masalah, alhamdulillah malam ini sudah bisa kita selesaikan, semua berkas dari kami, paslon sudah bisa diterima. Cuma teknis, tapi sudah bisa terselesaikan," ungkapnya pada Jumat (4/9/2020) malam.

Baca Juga: Temani Istri Daftar Cabup, Bupati Sleman Klaim Tak Langgar Aturan 

2. Kustini dan Danang kenakan batik putih gading

Sempat Bermasalah, Kustini-Danang Daftar Pertama di KPU SlemanKustini-Danang saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Paslon yang diusung oleh PDI-P dan PAN ini tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman pada Jumat (4/9/2020) pukul 14.49 WIB. Keduanya kompak dengan menggenakan batik putih gading bermotif parijoto salak disertai alat pelindung diri berupa masker dan faceshield.

Sebelum sampai di Kantor KPU, kedua paslon ini diarak oleh pasukan merah biru dari Kantor DPC PDIP Sleman. Tidak hanya itu, saat mendaftarkan diri, kedua pasangan ini juga didampingi oleh Sri Purnomo, Bupati Sleman yang juga suami dari Kustini dan My Esti Wijayanti, salah satu kader PDIP yang menjabat di Komisi X, DPR RI

3. Yakin menang dengan perolehan lebih dari 50 persen

Sempat Bermasalah, Kustini-Danang Daftar Pertama di KPU SlemanKustini-Danang saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Kustini menjelaskan jika saat ini semua berkas pendaftaran diterima KPU Kabupaten Sleman. Dia pun juga yakin jika dalam kontestasi Pilkada Sleman, dirinya bisa meraih lebih dari 50 persen suara.

"Yang penting yakin besok menang," katanya

4. Bupati Sleman turut dampingi istri saat mendaftar

Sempat Bermasalah, Kustini-Danang Daftar Pertama di KPU SlemanKustini-Danang saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati Sleman, Sri Purnomo turut  menemani istrinya mendaftar ke KPU Sleman. Menurutnya hal tersebut tidak menyalahi aturan lantaran jam kerja sudah selesai dan tidak menggunakan fasilitas pemerintah.

"Daftarnya kan lebih dari jam 14.30 WIB, ini sudah dari pulang jam kerja. Mendampingi sebagai suami. Seatap, sedapur, sekasur. Saya juga tidak memakai mobil pemerintahan dan sopir PNS saya. Ini membuktikan saya bisa membedakan tugas sebagai pemerintah dan sebagai pribadi," paparnya. 

Baca Juga: Terkendala Swab COVID-19, Muslimatun-Amin Batal Daftar ke KPU Sleman 

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya