Comscore Tracker

Minat Sport Tourism Tinggi, Mahasiswa UNY Uji Coba di Klaten

Mahasiswa UNY akan buat di Bayat, Klaten 

Sleman, IDN Times - Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Penelitian Koskma Fakultas Ilmu Keolahragaan, menggagas sport tourism di Desa Gunung Gajah, Bayat, Klaten, Jawa Tengah. 

Salah seorang anggota UKMF) Penelitian Koskma Fakultas Ilmu Keolahragaan, Miya Kurniawati menjelaskan, pengembangan sport tourism dilakukan melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), yang merupakan penggabungan antara olahraga dan wisata selama.

1. Minat sport tourism cukup tinggi

Minat Sport Tourism Tinggi, Mahasiswa UNY Uji Coba di KlatenMahasiswa UNY kembangkan sport tourism di Klaten. Dok: Humas UNY

Miya mengungkapkan, sport tourism ini merupakan jenis pariwisata yang bertujuan untuk melihat atau menyaksikan suatu pesta olahraga di suatu tempat atau negara tertentu, seperti Olimpiade, pertandingan tinju, atau sepak bola, atau ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu sendiri.

"Sebenarnya minat melakukan pariwisata olahraga ini cukup tinggi namun masyarakat belum mengerti bahwasanya olahraga tersebut masuk dalam kategori sport tourism," papar Miya, Selasa (11/1/2022). 

2. Bidik potensi Puncak Arjuna dan kesenian masyarakat setempat

Minat Sport Tourism Tinggi, Mahasiswa UNY Uji Coba di KlatenMahasiswa UNY kembangkan sport tourism di Klaten. Dok: Humas UNY

Menurut Miya,  tim membidik Desa Gunung Gajah karena memiliki potensi wisata yaitu di Puncak Arjuna yang dikelilingi hutan milik Perhutani serta karakteristik warganya yang mempunyai kepribadian ramah dan menjunjung gotong royong. 

“Selain itu memiliki beberapa adat serta kesenian seperti wayang, gamelan, dan tarian-tarian. Dalam bidang olahraga, senam dan bola voli menjadi pilihan kelompok ibu-ibu dan menjadi kegiatan rutin setiap minggu," ungkapnya.

Baca Juga: Sepeda Listrik Buatan Mahasiswa UNY, Melaju hingga 40 Km per Jam

3. Pemberdayaan warga dengan cara kegiatan di lapangan serta online

Minat Sport Tourism Tinggi, Mahasiswa UNY Uji Coba di KlatenMahasiswa UNY kembangkan sport tourism di Klaten. Dok: Humas UNY

Salah seorang anggota UKMF) Penelitian Koskma Fakultas Ilmu Keolahragaan, Muhammad Hajid Nugraha menambahkan warga desa Gunung Gajah memerlukan kegiatan pemberdayaan dan pengembangan, baik dari kualitas pengetahuan sumber daya manusia dan pengelolaan mengenai sumber daya alam.

"Pemberdayaan masyarakat desa dilaksanakan kombinasi antara kegiatan lapangan dan online, yang didominasi kegiatan offline," katanya.

Kegiatan offline yang dilakukan berupa pelatihan potensi desa wisata, pelatihan manajemen objek wisata, penataan tempat wisata, pelatihan senam, dan pelatihan outbound, karena tim UNY mengangkat judul EduSport. Sedangkan untuk kegiatan online di antaranya berupa diskusi online dengan Masyarakat, Karang Taruna, Pengelola Sadar Wisata dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

"Dalam kegiatan EduSport tourism direncanakan adanya paket ekowisata, outboud rutin diadakan setiap minggunya dan sport and culture festival, jika memungkinkan di masa pandemik ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," paparnya.

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya