Comscore Tracker

Mahasiswa UNY Buat E-commerce Sportotech, Permudah Wisata Olahraga

Dalam aplikasi ini bisa menyewa seorang trainer olahraga 

Sleman, IDN Times - Permudah wisatawan untuk mengakses informasi tempat wisata olahraga, sekelompok mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat e-commerce Sportotech atau kepanjangan dari Sport Tourism Tech.

Sekelompok mahasiswa tersebut terdiri dari Miya Kurniawati, Muchamad Rizky Fajrin, Frizki Rifai Faszha, Amands Prawesti Nurmana dan Adimas Satrio Wibowo.

1. Pariwisata olahraga cukup diminati

Mahasiswa UNY Buat E-commerce Sportotech, Permudah Wisata OlahragaMahasiswa UNY kembangkan e-commerce Sportotech. Dok: istimewa

Miya Kurniawati mengungkapkan sebenarnya keinginan melakukan pariwisata olahraga ini cukup tinggi, namun masyarakat belum mengerti minat tersebut telah masuk dalam kategori sport tourism. Bahkan pariwisata olahraga mengambil pangsa pasar 25 persen dari pasar pariwisata secara keseluruhan. 

“Jenis pariwisata ini ialah perjalanan orang-orang yang bertujuan untuk melihat atau menyaksikan suatu pesta olahraga di suatu tempat atau negara tertentu, seperti olimpiade, pertandingan tinju, atau sepak bola, atau ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu sendiri," katanya.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Deteksi Kerumunan Menggunakan Blimp Drone

2. Bisa menyewa trainer melalui aplikasi

Mahasiswa UNY Buat E-commerce Sportotech, Permudah Wisata OlahragaMahasiswa UNY kembangkan e-commerce Sportotech. Dok: istimewa

Menurut Miya, Sportotech informasi yang diciptakan mahasiswa ini memudahkan wisatawan untuk mengetahui informasi tempat wisata olahraga, mulai dari fasilitas, tempat wisata olahraga, perencanaan ke tempat wisata, pemesanan tiket, promosi wisata, hingga keselamatan ketika berada di tempat wisata olahraga.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat data-data trainer atau pemandu yang nantinya bisa disewa untuk memandu perjalanan wisata untuk para pengunjung.

"Sportotech.id merupakan sebuah platform atau aplikasi dan web yang menyajikan data-data tempat wisata yang dibalut dengan rekreasi olahraga. Selain itu aplikasi dan web ini juga menyediakan jasa pembangunan wisata olahraga," terangnya.

3. Diharapkan bisa jadi media pemasaran wisata olahraga

Mahasiswa UNY Buat E-commerce Sportotech, Permudah Wisata OlahragaMahasiswa UNY kembangkan e-commerce Sportotech. Dok: istimewa

Frizki Rifai Faszha berharap dikembangkannya e-commerce sportotech.id ini dapat menjadi salah satu media pengenalan masyarakat mengenai sport tourism dan menjadi media pemasaran bagi tempat wisata, event organizer dalam bidang sport tourism.

"Selama ini kendala utama dari pariwisata olahraga yakni mengenalkan sport tourism tersebut kepada masyarakat. Untuk itu dibutuhkan sinergitas dengan seluruh komponen, baik swasta maupun pemerintah," paparnya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya