Comscore Tracker

H-14 Pemilihan, KPU Sleman Akan Rapid Test Semua Petugas KPPS

Pelaksanaan dilakukan di dekat domisili petugas

Sleman, IDN Times - Untuk memastikan petugas bebas dari COVID-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman akan melakukan rapid test massal kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi mengatakan rapid test sendiri akan dilakukan menjelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020. Tepatnya H-14 sebelum pemilihan dilakukan.

Baca Juga: KPU Sleman Targetkan Pengadaan Surat Suara Selesai Akhir November 

1. Lokasi rapid test akan berdekatan dengan domisili petugas

H-14 Pemilihan, KPU Sleman Akan Rapid Test Semua Petugas KPPS(Ilustrasi) IDN Times/Imam Rosidin

Menurut Trapsi, untuk lokasi rapid test sendiri diusahakan akan dekat dengan petugas yang bersangkutan. Selain itu, lokasi juga diusahakan tidak menimbulkan kerumunan.

"Yang jelas akan kita dekatkan dengan orang yang kita tes. Kedua jangan sampai terjadi kerumunan ketika rapid test. Kita susun apakah di balai desa, atau mana sedang kita tata. Yang jelas mendekatkan dan jangan ada kerumunan," ungkapnya pada Minggu (25/10/2020).

2. Petugas yang reaktif akan diganti

H-14 Pemilihan, KPU Sleman Akan Rapid Test Semua Petugas KPPSIDN Times/Siti Umaiyah

Trapsi menjelaskan, ketika nanti ada petugas yang reaktif, maka akan dilakukan pergantian. Namun, yang paling penting menurutnya saat ini yakni semua petugas bersedia untuk mengikuti rapid test.

"Kita akan melakukan rapid, nanti juga akan kita lakukan penggantian ketika yang bersangkutan reaktif ketika rapid. Hal yang penting agar semua KPPS dan tim bersedia untuk melakukan rapid test, sehingga koordinasi intens dengan panewu, kapanewon yang lainnya," paparnya.

3. Petugas KPPS sudah penuhi target

H-14 Pemilihan, KPU Sleman Akan Rapid Test Semua Petugas KPPSKetua KPU Sleman, Trapsi Haryadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Disinggung mengenai jumlah kebutuhan KPPS, Trapsi menjelaskan jika saat ini KPPS di Sleman sudah memenuhi kuota yang dibutuhkan. Yakni sebanyak 14.875 petugas yang akan bertugas di 2.124 TPS.

"KPPS pada tanggal 18 Oktober kemarin sudah terpenuhi. Masing-masing TPS membutuhkan 7 petugas KPPS," paparnya.

Baca Juga: KPU Sleman Fasilitasi Pemilih yang Tertular Virus Corona 

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya