Comscore Tracker

Dari Sleman ke YIA atau Borobudur Semakin Mudah dengan Damri

Kemenhub siapkan armada menuju YIA dan Borobudur

Sleman, IDN Times - Bagi warga sekitaran Sleman tidak perlu merasa bingung memilih transportasi untuk menjangkau Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Pasalnya, Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah meluncurkan layanan angkutan antarmoda Bandara YIA. Layanan ini mulai bisa digunakan pada Februari mendatang.

Baca Juga: Kantor Imigrasi Yogyakarta Kebut Sarana dan Prasarana di YIA

1. Rute berhenti di beberapa tempat

Dari Sleman ke YIA atau Borobudur Semakin Mudah dengan DamriPeluncuran bus Damri rute Sleman ke Borobudur maupun ke YIA. IDN Times/Siti Umaiyah

Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub RI menjelaskan, setidaknya ada dua rute yang akan melayani masyarakat dari Sleman dan sekitarnya menuju YIA. Rute pertama akan melewati Sleman City Hall (SCH)-Komplek Pemda Sleman - Terminal Jombor - YIA. Untuk rute kedua akan melewati YIA -Ambarketawang - Wirobrajan - UGM - Jl Affandi.

"Rute yang akan dibuat akan berhenti di beberapa tempat. Mungkin untuk sementara kita masih tempat yang ada dulu. Ke depan, kami berharap baik dari kami, Damri maupun pemda bisa kolaborasi tempat selter atau minimal seperti ruang tunggu bagi masyarakat untuk ke bandara, atau perjalanan dari bandara ke Borobudur, " katanya pada Kamis (30/1).

2. Selain ke YIA, Kemenhub juga siapkan Damri menuju Borobudur

Dari Sleman ke YIA atau Borobudur Semakin Mudah dengan DamriDirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Selain ke YIA, Kemenhub juga telah menyiapkan 3 rute menuju Borobudur. Untuk rute pertama akan melewati YIA - Tebing Gunung Gajah - Goa Kiskendo - Plono - Samigaluh - Jl Nanggulan - Mendut - Candi Borobudur (Via Bukit Menoreh). Rute kedua akan melewati YIA - Wates - Nanggulan - Dekso - Candi Borobudur. Sedangkan rute ketiga akan melewati Candi Borobudur - Terminal Muntilan - Terminal Jombor - Grand Inna Malioboro.

"Kita siapkan juga Damri menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Kita harapkan ada konektivitas antar bandara ke KSPN. Nanti untuk rute-rute Damri yang kita subsidi. Setiap tahun besarannya Rp9 M, " ungkapnya.

3. Dengan 25 ribu masyarakat bisa nikmati Damri ke YIA

Dari Sleman ke YIA atau Borobudur Semakin Mudah dengan DamriBus Damri dari Sleman ke Borobudur maupun ke YIA. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Dirut Perum Damri, Setia Miletia Moemin, bagi masyarakat yang ingin menikmati transportasi Damri, cukup merogoh kocek Rp25 ribu. Untuk jarak tunggu antar bus tidak lebih dari 20 menit. Sedangkan untuk ketersediaan Damri, mulai pukul 03.00 WIB hingga 21.00 WIB.

"Untuk sementara kita siapkan 11 armada. Terdiri dari mercedes-benz sprinter dan toyota hiace. Nanti bertahap akan kita tambah. Diharapkan kurangi kemacetan, di mana masyarakat tidak usah bawa mobil sendiri. Selain itu bisa mengurangi kecelakaan, " jelasnya.

Baca Juga: Ngebut Antar Bule ke Bandara YIA, Innova Malah Nyungsep Masuk Selokan 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya