Comscore Tracker

Cegah COVID-19, RSGM UGM Sediakan Konsultasi Gigi Daring Gratis 

Fasilitasi masyarakat yang mengalami sakit gigi

Sleman, IDN Times - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Prof. Dr. Soedomo, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM, membuka pelayanan konsultasi gigi daring secara gratis. Direktur RSGM Prof. Soedomo, Dr. Drg. Julita Hendrartini menjelaskan, konsultasi secara daring tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang sedang mengalami masalah gigi dengan kasus yang bersifat tidak kegawatan di tengah pandemik COVID-19.

Baca Juga: Ngaku Suka Matematika, 6 Soal Ini Belum Pernah Terpecahkan

1. Fasilitasi masyarakat yang mengalami sakit gigi

Cegah COVID-19, RSGM UGM Sediakan Konsultasi Gigi Daring Gratis ugm.ac.id

Julita mengungkapkan, sesuai instruksi pemerintah dan dinas kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, masyarakat diimbau untuk menunda perawatan ke dokter gigi kecuali dalam keadaan kegawatan atau emergency. Keadaan kegawatan yang dimaksud antara lain sakit gigi yang tidak tertahankan, bengkak akibat infeksi gigi, trauma pada gigi dan tulang wajah akibat kecelakaan dan perdarahan yang tidak terkontrol.

"Dengan imbauan dari pemerintah dan dinas kesehatan tersebut maka tidak semua kasus dapat dilakukan perawatan. Oleh karena itu, memberikan layanan konsultasi gigi secara daring secara gratis dengan kasus yang bersifat tidak kegawatan," ungkapnya pada Jumat (24/4).

2. Jadwal konsultasi hari Senin hingga Jumat

Cegah COVID-19, RSGM UGM Sediakan Konsultasi Gigi Daring Gratis Pixabay.com/JESHOOTS-com

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan konsultasi gigi daring secara gratis, bisa melakukannya di hari Senin hingga Jumat pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut dapat membuka website RSGM di www.rsgm.ugm.ac.id .

“Hal ini merupakan bentuk kontribusi dan pengabdian RSGM Prof. Soedomo agar tetap hadir di masyarakat dalam situasi pandemi saat ini,” paparnya.

3. Hadirkan dokter gigi andal

Cegah COVID-19, RSGM UGM Sediakan Konsultasi Gigi Daring Gratis IDN Times/Dok. Istimewa

Menurut Julita, pihaknya akan berusaha menjaga mutu pelayanan dalam konsultasi online dengan menghadirkan para dokter gigi yang andal dan siap menjawab pertanyaan dari masyarakat. Julita juga berharap layanan ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pengobatan atau informasi terkait keluhan kesehatan gigi dan mulut.

"Dengan demikian, masyarakat tetap mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut mereka tanpa harus keluar rumah," paparnya.

Baca Juga: Tak Kena Permenhub Karena Belum PSBB, DIY Persuasif Hadapi Pemudik

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya