Jelang Lebaran, Persediaan Sembako di Sleman Aman

Bupati Sleman meninjau sejumlah pasar di wilayahnya

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sleman meninjau persediaan sembako di sejumlah tempat jelang hari raya Idul Fitri 1443 H. Dipimpin Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mereka melakukan peninjauan di Pasar Pakem dan distributor sembako Arista di Jalan Kaliurang KM 7, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Kulon Progo Naik, Daging Ayam Rp37 Ribu

1. Persediaan minyak goreng sudah normal

Jelang Lebaran, Persediaan Sembako di Sleman Amanilustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kustini mengatakan, berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan, persediaan sembako di Sleman dinyatakan dalam kondisi aman hingga Lebaran nanti.

Antara lain, minyak goreng yang sempat langka kini sudah berangsur normal. Menurutnya, masih tersedia 140 ton minyak goreng curah yang tersebar di pasar-pasar tradisional di Sleman.

“Di Arsita ini ada 30 ton untuk hari ini, besok datang lagi 7 ton. Setiap hari di sini bisa menghabiskan 10 ton. Tapi untuk pembelian dibatasi maksimal 2 jeriken setiap orang,” ujarnya dilansir laman resmi Pemkab Sleman.

Kustini turut mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan panic buying dan membeli sembako seperlunya saja. Jika ada kekurangan persediaan, kata dia, masyarakat bisa melaporkan lewat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman.

2. Harga sembako masih terjangkau

Jelang Lebaran, Persediaan Sembako di Sleman AmanIDN Times/Holy Kartika

Sementara itu, Budiharjo dari TPID Sleman mengatakan, tak hanya memastikan ketersediaan sembako, pantauan ini juga untuk mengecek keterjangkauan harga sembako oleh masyarakat.

Menurut dia, harga komoditas yang ada saat ini masih relatif terjangkau, sesuai dengan acuan dari pemerintah. 

“Bahkan beberapa komoditas yang sebelumnya mengalami kenaikan harga, sekarang sudah turun,” ujarnya.

3. Sejumlah komoditas turun harga

Jelang Lebaran, Persediaan Sembako di Sleman AmanIlustrasi. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Berdasarkan pantauan di Pasar Pakem, ada beberapa komoditas kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga. Antara lain, harga minyak goreng curah turun Rp250, telur turun Rp688, cabai merah keriting turun Rp4.000, cabai rawit merah turun Rp4.125, dan bawang merah turun Rp2.375.

Sementara, komoditas yang terpantau naik harga yaitu bawang putih naik Rp1.625, cabai rawit hijau naik Rp13.125 rupiah, dan daging sapi naik Rp1.875 rupiah.

Pasokan minyak goreng kemasan di distributor Arista sendiri tergolong aman, sedangkan pasokan minyak goreng curah terbatas tetapi mencukupi. Untuk harga gandum terpantau naik namun pasokan mencukupi. Adapun pasokan gula masih lancar dengan harga stabil di angka Rp12.800 rupiah per kg.

Baca Juga: Layanan Penukaran Uang Pecahan di Jogja Dimulai, BI Siapkan 48 Titik  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya