Flash Mob Tarian Klasik di Malioboro Bikin Warganet Kagum 

Mereka memuji anak muda yang mau melestarikan budaya klasik

Yogyakarta, IDN Times - Sebuah video yang berisi belasan pemuda berpakaian kasual melakukan flash mob tarian klasik menyita perhatian warganet. Dalam video itu, sejumlah penari laki-laki dengan luwes dan kompak menari di Jalan Malioboro yang lengang pada Selasa (18/6). Hari itu, pemerintah Yogyakarta memang tengah melakukan uji coba bebas kendaraan bermotor di kawasan Malioboro. Warga pun bebas berjalan-jalan, berswafoto, dan tentu saja menari.

Baca Juga: Ada Penari Tepas Kridhamardawa di Balik Flash Mob Malioboro

1. Terdiri dari para laki-laki

Video yang diunggah warganet @ezkisuyanto memperlihatkan flash mob tarian klasik di atas dilakukan di tengah Jalan Malioboro dan pedestrian sebelah utara Gedung Agung. Para penarinya adalah laki-laki yang berpakaian kasual. Bukannya menggunakan kain atau aksesoris lain layaknya saat pentas, mereka justru memakai kaos, celana panjang, kacamata hitam, tas, serta topi.

2. Menari dengan luwes dan kompak

Menurut rekaman yang dibagi warganet @pasektohpati, flash mob tarian klasik tadi juga dibawakan dengan luwes dan kompak oleh para penari. Flash mob pada dasarnya diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul di waktu dan lokasi tertentu untuk melakukan satu hal yang serupa. Oleh karena itu, kekompakan menjadi kunci utama agar flash mob bisa berjalan dengan sukses.

Baca Juga: Tim SAR Temukan Celana Panjang Ferry Anto

3. Dipuji oleh warganet

Video flash mob tarian klasik menuai pujian dari warganet. Dalam Video yang diunggah di Twitter oleh @ezkisuyanto, misalnya, telah 2.345 di-retweet dan 5.213 di-like hingga Minggu (22/6) pagi. Sementara itu, rekaman yang diunggah @pasektohpati di media sosial yang sama mendapat likes sebanyak 12.700 dan di-retweet 9.316 kali.

Kebanyakan warganet mengapresiasi para penari yang mau melestarikan budaya khususnya tarian klasik.

“Flash mob tari tradisional di Malioboro, Yogyakarta...Selasa berkebaya...hayo gali terus budaya kita...urusan ibadah ada waktu dan tempatnya tidak perlu ruang publik...sosialisasi beragamnya budaya urusan kita rame2,” tulis @ezkisuyanto.

Tweet ini lantas dijawab oleh @IkayaniBudianto. “Sedaaaaap. Keren banget pria2 itu. Menari dengan gagah. Ternyata tarian budaya Indonesia bisa bikin pria sekeren itu,” katanya.

Tarian tradisional yang dikemas dengan flash pun mendapat tanggapan dari @ayu_2003. “Cakep nih!! Hrs dilestarikan: flash mob budaya spt tari2an tradisional,” tulisnya.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Kota Yogya ini Bisa Dilakoni dengan Jalan Kaki

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya