Comscore Tracker

Profil Bupati Gunungkidul Sunaryanta

Mengundurkan diri dari TNI AD untuk menjadi kepala daerah

Gunungkidul, IDN Times - Mayor Chb. (Purn.) H. Sunaryanta lahir di Gunungkidul, 9 November 1970. Dirinya merupakan Bupati Gunungkidul yang menjabat pada periode 2021–2024. 

Sunaryanta memenangkan Pemilihan Bupati Gunungkidul 2020 bersama pasangannya  Heri Susanto. Dirinya dilantik pada tanggal 26 Februari 2021 menggantikan Badingah yang sebelumnya telah memimpin Gunungkidul selama 10 tahun atau dua periode. 

Baca Juga: Profil Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo

1. Biodata dan latar belakang Sunaryanta

Profil Bupati Gunungkidul SunaryantaBupati Gunungkidul Sunaryanta. (IDN Times/Istimewa)

Nama lengkap: Mayor Chb. (Purn.) H. Sunaryanta
Tempat dan tanggal lahir: Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 9 November 1970
Pasangan: Diah Purwanti
Anak: Yudha Dinasti, Dimas Waskita Kusuma
Tempat tinggal: Kwarasan Wetan RT 04 RW 01, Kedungkeris, Nglipar, Gunungkidul, DIY
Pekerjaan sebelumnya: TNI Angkatan Darat

Sunaryanta merupakan anak pertama dari pasangan Karso Wiyono dan Welas. Kedua orangtuanya berprofesi sebagai petani di daerah Kedungkeris, Nglipar. 

Masa kecilnya dilalui sebagaimana anak-anak lain di desanya. Anak dari Mbah Giyo, sebutan untuk sang ayah, ini juga biasa membantu pekerjaan orangtua. Sepulang sekolah, Sunaryanta kecil kerap mencari kayu bakar hingga membuat arang.

Meski begitu, cita-citanya sebagai tentara membuat dirinya tetap semangat menempuh seluruh jenjang pendidikan hingga bisa menjadi seperti sekarang.

Sunaryanta menikah seorang perempuan bernama Diah Purwanti. Pasangan ini dikaruniai dua putra yaitu Yudha Dinasti dan Dimas Waskita Kusuma.

2. Riwayat pendidikan

Profil Bupati Gunungkidul SunaryantaBupati Gunungkidul, Sunaryanta (kiri). Instagram@pemkabgunungkidul

Walaupun berlatar sebagai anak seorang petani, hal tersebut tidak menghalangi Sunaryanta untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Ia memulai pendidikannya pada tahun 1979 di SD Negeri Kwarasan sampai tahun 1985, kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri Nglipar pada tahun 1985–1988. 

Pada saat memasuki sekolah menengah atas, Sunaryanta melanjutkan pendidikannya di SMA Swasta Kartika VII Nglipar. Setelah lulus, ia memasuki Susba Kostrad di Pusdik Lab Bandung pada tahun 1993 untuk mengejar cita-citanya sebagai TNI.

Studi pun terus berlanjut, Dia menempuh D3 di Institut Teknik TNI Angkatan Darat di Malang tahun 1995 dan terakhir menempuh studi di Pusdik Secapa TNI AD Bandung. 

3. Riwayat karier dan jabatan

Profil Bupati Gunungkidul SunaryantaBupati Gunungkidul dan Wakil Bupati Gunungkidul Sunaryanta-Heri Susanto. Instagram.com/sunaryanta.official4

Sebelum menjadi Bupati Gunungkidul, Sunaryanta sejak tanggal 13 Februari 1993 telah tercatat sebagai anggota TNI Angkatan Darat. Selama bertugas menjadi prajurit, dirinya mengemban beberapa tugas.

Jabatan yang pernah diembannya antara lain, Bintara Perhubungan Kostrad, Bintara Divisi Infanteri-1 Kostrad, Perwira Pertama Kodam dan Perwira Seksi Komunikasi Hub DAM III/Siliwangi dan juga ajudan Pangkostrad. 

Selain itu Dia juga pernah menjabat sebagai Perwira Pertama MABES AD, Perwira Menengah Kementerian Pertahanan RI, Ajudan Menteri Pertahanan RI sampai menjadi Asisten Pribadi Ryamizard Ryacudu. 

Saat mencalonkan diri sebagai bupati Kabupaten Gunungkidul, Sunaryanta mengundurkan diri dari karier ketentaraan pada Agustus 2020. Pangkat terakhir yang ia sandang adalah Mayor Chb. dengan posisi sebagai Penyusun Naskah Subbag Hubungan Lembaga Non Pemerintah Bagian Hubungan Kemitraan Rohumas Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan. 

Sunaryanta yang berpasangan dengan Heri diusung oleh Partai Golkar dan PKB. Keduanya keluar sebagai pemenang Pilkada Gunungkidul 2020 dengan perolehan suara sebanyak 155.878 suara, mengungguli tiga pasangan calon lainnya.

Sunaryanta resmi bekerja sebagai Gunungkidul ke-29 usai dilantik oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 26 Februari 2021.

Baca Juga: Paslon Sunaryanta-Heri Raih Suara Terbanyak di Gunungkidul

Topic:

  • Paulus Risang
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya