Comscore Tracker

Tahun Depan Dipastikan Sekitar Tugu Pal Putih Yogyakarta Bebas Kabel

Kabel akan ditanam di jalur pedestrian 

Yogyakarta, IDN Times-Penataan pedestrian di kawasan Kotabaru, kembali dilanjutkan ke arah barat. Pemerintah Kota Yogyakarta dan Telkom mulai memasang kabel optik di sepanjang pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Senin (9/12).

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan tahun 2020 merupakan tahun pembenahan dan penataan infrastruktur bagi Kota Yogyakarta. "Nantinya, tidak hanya kabel optik. Penataan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman ini juga akan dilakukan dengan penataan kabel listrik yang masih malang melintas di sepanjang kawasan ini," ujar Haryadi ditemui saat meninjau proyek penataan kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

Baca Juga: Tugu Golong-Gilig, Cikal Bakal Tugu Putih yang Jadi Ikon Yogyakarta 

1. Kabel optik sepanjang 700 meter

Tahun Depan Dipastikan Sekitar Tugu Pal Putih Yogyakarta Bebas KabelWalikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meninjau proyek pemasangan kabel optik di kawasan Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Senin (9/12/2019). IDNTimes/Holy Kartika

Haryadi mengungkapkan penataan pedestrian yang ada di kawasan Kotabaru akan cukup berbeda dengan pedestrian di Malioboro. Terutama pada beberapa fasilitas yang akan ada di kawasan pedestrian ini.

"Antara lain untuk jalur difabel, kalau di pedestrian Malioboro menggunakan balok logam, di sini kami menggunakan batu granit. Serta penataan jaringan kabel, terutama yang ada di Tugu Pal Putih," ungkap Haryadi.

Tahap awal penataan kawasan pedestrian Jalan Sudirman mulai dilakukan pemasangan jaringan kabel optik di bawah kawasan pedestrian ini. Kabel optik sepanjang 700 meter dari depan Toko Buku Gramedia mulai dipasang di bawah Pedestrian Jalan Sudirman.

"Penataan ini difokuskan ke arah barat sampai Tugu Jogja [Tugu Pal Putih] ditambah 100 meter ke Jalan Diponegoro. Terutama penataan ducting akan dikonsentrasikan ke barat," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono.

2. Sebanyak 13 provider FO dibenamkan

Tahun Depan Dipastikan Sekitar Tugu Pal Putih Yogyakarta Bebas KabelPemasangan kabel optik di kawasan Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Senin (9/12/2019). IDNTimes/Holy Kartika

Agus memaparkan proyek ducting merupakan penataan saluran yang dirancang khusus untuk menata kabel bawah tanah yang dipasang di bawah permukaan tanah di pedestrian Jalan Jenderal Sudirman. Saluran ini berukuran 60x60 meter dengan kedalaman 1 meter di bawah permukaan tanah.

"Pada 2019 ini, ada 13 provider FO yang saat ini mengisi ruang atas di pedestrian Jalan Jenderal Sudirman. Kami akan menata lagi jaringan tiang dan kabel FO yang membentang di sepanjang kawasan ini," ujar Agus.

Sebagai tahap pertama penataan jaringan yang ada di atas pedestrian, nantinya tiang-tiang FO akan dihilangkan. Kemudian kabel-kabel FO akan dipindahkan dari atas ke bawah.

"Kurang lebih dalam satu minggu ini, penataan dari depan perempatan Gramedia sampai Wisma Hartono akan selesai," jelas Agus.

3. Tugu Pal Putih ditargetkan bebas kabel tahun depan

Tahun Depan Dipastikan Sekitar Tugu Pal Putih Yogyakarta Bebas KabelIDN Times/Holy Kartika

Selama ini, pemandangan ikon Kota Yogyakarta, Tugu Pal Putih selalu terganggu dengan adanya kabel-kabel yang malang melintang. Kabel-kabel tersebut membentang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

"Pada 2020 pengerjaan penataan pedestrian ini akan kembali dilanjutkan dari Jembatan Gondolayu hingga Tugu Pal Putih," ungkap Agus.

Bahkan, penataan  akan mencapai Jalan Diponegoro, Jalan Margo Utomo dan Jalan Mangkubumi (AM Sangaji) dengan masing-masing penataan sejauh 100 meter. Agus memaparkan nantinya semua jaringan kabel provider akan dialihkan ke saluran bawah tanah, berupa ducting.

"Paling tidak Tugu Jogja nanti bebas dari kabel-kabel yang ada di atas, sehingga kawasan ini jadi terlihat lebih rapi. Baru nanti 2021, kami akan lanjutkan penataan ke arah timur hingga Jalan Urip Sumoharjo," imbuh Agus.

Baca Juga: Penataan Pedestrian Sudirman Kurangi 10 Persen Beban Puncak Malioboro

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya