Comscore Tracker

Rumah Hancur, 7 KK Korban Longsor Gunungkidul Mengungsi di Gedung SD

Pembangunan rumah warga terdampak longsor baru dilakukan tahun depan

Gunungkidul, IDN Times - ‎Sebanyak tujuh kepala keluarga warga Padukuhan Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin masih mengungsi. Mereka merupakan korban tanah longsor yang terjadi pada pekan lalu. Saat ini warga masih tinggal di bekas gedung SD Candirejo.

1. 103 warga sudah kembali ke rumah

Rumah Hancur, 7 KK Korban Longsor Gunungkidul Mengungsi di Gedung SDLongsor di Semin Gunungkidul.(Dok.Basarnas Jogja)

Lurah Candirejo, Agus Supriyadi mengatakan hingga Selasa (29/11/2022) sore sebanyak 103 orang telah meninggalkan tempat pengungsian. "Sebagian besar warga yang sempat mengungsi atau diungsikan karena tempat tinggalnya terdampak bencana tanah longsor sudah pulang ke rumah mereka masing-masing," katanya, Selasa (29/11/2022).

2. Rumah hancur, 7 kepala keluarga tak punya tempat tinggal

Rumah Hancur, 7 KK Korban Longsor Gunungkidul Mengungsi di Gedung SDPengungsi bencana longsor di Semin, Gunungkidul, menerima bantuan. (Dok. Kominfo Gunungkidul)

Sebanyak tujuh kepala keluarga yang masih bertahan di tempat pengungsian adalah mereka yang rumahnya hancur.  "Saat ini mereka memang tidak punya rumah untuk tempat tinggal," ujarnya.

Menurut Agus, tempat penungsian wwarga di tiap ruangan telah diberi penyekat, air bersih dan listrik. "Untuk kebutuhan logistik sehari-hari masih sangat mencukupi," ungkapnya.

 

Baca Juga: Fenomena Tanah Ambles Kembali Terjadi di Gunungkidul

3. Pembangunan rumah dilakukan tahun depan

Rumah Hancur, 7 KK Korban Longsor Gunungkidul Mengungsi di Gedung SDIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRK) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengaku pembangunan rumah enam unit rumah bagi warga yang akan direlokasi baru bisa dilakukan tahun depan. Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi terkait lokasi relokasi yang digunakan sebagai tempat tinggal baru. 

"Tahun depan kita rencanakan bangun enam rumah untuk warga yang terdampak bencana tanah longsor di Blembem," katanya.‎ 

Baca Juga: 2 Korban Tertimbun Longsor di Gunungkidul Akhirnya Ditemukan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya