Nelayan Pantai Selatan Pantang Melaut saat Selasa dan Jumat Kliwon 

Larangan melaut hari Selasa dan Jumat Kliwon sudah merupakan tradisi, mengapa?

Gunungkidul, IDN Times - ‎Setiap hari Selasa dan Jumat Kliwon, nelayan di Pantai Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak melakukan aktivitas turun melaut. Meski saat itu merupakan musim panen, tak ada seorang nelayan pun yang akan mengarungi lautan. Apa penyebabnya? 

 

1. Melaut saat Selasa dan Jumat Kliwon dipercaya akan mendapatkan musibah‎

Nelayan Pantai Selatan Pantang Melaut saat Selasa dan Jumat Kliwon Ilustrasi nelayan Pansela Jogja.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu nelayan di Pantai Ngrenehan, Kabupaten Gunungkidul, Widiyono mengatakan berdasarkan kepercayaan, jika nelayan melaut pada Selasa dan Jumat Kliwon akan mendapatkan musibah. Hal ini sudah diyakini secara turun temurun. 

"Kenapa tidak melaut saat Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon? Ya karena nelayan percaya jika nekat melaut akan mendapatkan musibah," ucapnya, Selasa (2/8/2022).

Widiyanto mencontohkan empat tahun yang lalu sebanyak tiga nelayan nekat melaut, hasilnya kapal mereka terbalik.

2. Merupakan tradisi turun menurun‎

Nelayan Pantai Selatan Pantang Melaut saat Selasa dan Jumat Kliwon Ilustrasi nelayan perbaiki jaring.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara nelayan lainnya di Pantai Ngrenehan, Hendi menyatakan tradisi tersebut telah dilakukan secara turun menurun dan selalu ditaati oleh nelayan di Pantai Ngrenehan. "Nelayan masih taat terhadap pantangan saat Selasa dan Jumat Kliwon turun melaut meski saat itu tangkapan ikan melimpah," ujarnya.

Pada saat libur di hari Selasa dan Jumat Kliwon, maka akan dimanfaatkan untuk memperbaiki jaring rusak agar bisa digunakan keesokan harinya.

"Ya memperbaiki alat tangkap untuk melaut keesokan harinya," ucapnya.

Baca Juga: Gelombang Tinggi di Pantai Depok, Nelayan Terpaksa Libur Melaut 

3. Memberi kesempatan ikan untuk berkembang biak

Nelayan Pantai Selatan Pantang Melaut saat Selasa dan Jumat Kliwon Ilustrasi nelayan Pansela Jogja.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara nelayan lainnya di Pantai Samas, Rujito mengaku saat dimana nelayan tidak melaut, memberikan kesempatan ikan untuk berkembang biak dan tumbuh lebih besar. 

"Nelayan juga butuh istirahat, dan waktu libur bisa digunakan untuk memperbaiki jaring atau kapal. Juga memberikan kesempatan pada ikan," ucapnya.‎

Baca Juga: 5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan Mata

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya